'

Tips Sukses Lancar Bahasa Inggris dalam Waktu Singkat!

Belajar bahasa Inggris memang membutuhkan waktu yang nggak sebentar. Banyak orang yang awalnya merasa sangat excited buat belajar bahasa Inggris tapi beberapa minggu kemudian semangatnya mulai meredup. Sebulan kemudian mulai jarang berlatih. Beberapa bulan kemudian sama sekali nggak pernah bersinggungan sama yang namanya bahasa Inggris: membuka buku, mendengarkan audio listening exercise, berlatih pronounciation.

Maka dari itu, dibutuhkan ketekunan dan strategi supaya nantinya nggak berhenti di tengah jalan. Nah, listicle kali ini khusus buat kamu yang mungkin juga lagi merasa stuck di tengah-tengah perjalanan dan ingin menyulut api semangat lagi. Juga buat kamu yang baru mau mulai dan nggak mau mengalami hal serupa di kemudian hari.

Makin cepat dan intens seseorang dalam menyelesaikan suatu proyek maka makin fokuslah orang tersebut. Sehingga nantinya dia bisa menyelesaikan proyek-proyek yang lain. Iya nggak?

Sama banget kayak belajar bahasa Inggris! Makin cepat kamu lancar bahasa Inggris, makin sedikit kemungkinan kamu merasa bosan. Karena kamu bisa segera mengaplikasikan skill kamu itu. Contohnya, bisa baca website berbahasa Inggris dan paham omongan orang yang ngomong lewat podast tanpa pusing. Siapa sih yang nggak mau?

Tapi katanya tadi lancar bahasa Inggris butuh waktu lama? Inget nggak kalo baru-baru aja pemerintah kita menutup program akselerasi di beberapa sekolah unggulan? Sistem program sekolah aksel bertujuan untuk membuat siswa lebih fokus dengan belajar dalam kurun waktu 2 tahun dan dapat hasil maksimal. Padahal mata pelajaran dan materi yang diberikan sama dengan apa yang diajarkan di sekolah reguler 3 tahun.

Nah, sama aja kayak belajar bahasa Inggris! Anggap aja kita lagi ikut program akselerasi ‘Lancar Bahasa Inggris dalam Waktu 6 Bulan’. Keren nggak tuh?

Berikut tips sukses lancar bahasa Inggris dalam waktu singkat:

1. Tentukan tujuanmu

Dengan adanya tujuan yang jelas, dijamin kamu bakal terus termotivasi supaya BISA! Tujuan yang dimaksud di sini seperti: untuk kepentingan edukasi, pekerjaan, traveling, sastra, mau tinggal di luar negeri. Intinya kamu harus tau buat apa kamu belajar bahasa Inggris. Jadi, pertanyaan yang perlu kamu jawab adalah:

BUAT APA SIH KAMU BELAJAR BAHASA INGGRIS?

KALAU NANTI UDAH LANCAR, TERUS MAU KAMU BUAT APA?

Pastinya, masing-masing orang punya motifnya sendiri-sendiri. Semisal kamu belum tau apa motif dan latar belakang kamu belajar bahasa Inggris, coba eksplor lebih dalam lagi. Karena dengan tujuan yang nggak jelas, kamu nggak bakal bisa maju.

Tentukan tujuanmu dengan lebih jelas! Semakin jelas tujuanmu, semakin besar kemungkinanmu gagal di tengah jalan karena dengan tujuan yang jelas kamu bisa buat srategi dan rencana belajarmu sendiri. Seperti yang akan dijelaskan di nomor selanjutnya.

2. Buat strategi belajarmu dengan SMART

Mereka yang menang dalam sebuah perang adalah mereka yang memahami medan perang dan karakter musuh. Ini bisa banget diaplikasikan ke dalam hidup sehari-hari, nggak terkecuali belajar bahasa Inggris. Dengan adanya strategi, kamu bisa mengantisipasi supaya nggak mundur kalah waktu udah sampai di tengah-tengah. Nah, SMART di sini maksudnya smart, measurable, actionable, realistic, time-frame. Supaya nggak terlalu abstrak, ambil contoh tujuannya untuk edukasi.

  • Specific

Kamu udah menentukan tujuan belajar bahasa Inggris adalah untuk kepentingan pendidikan. Ini pun masih kurang spesifik. Coba gali lebih dalam lagi.

Contoh: supaya bisa lulus Ujian Nasional Bahasa Inggris dengan nilai minimal 80

Nah, ini baru yang dinamakan tujuan secara spesifik. Bakal lebih gampang buat kamu menulis rencana belajar.

  • Measurable

Bisa diukur. Nah, setelah kamu udah jelas menentukan tujuan kamu belajar bahasa Inggris, penting buat mengukur berapa lama waktu yang akan kamu sisihkan TIAP HARI untuk belajar bahasa Inggris.

Contoh: 30 menit.

3 Tips Sukses Lancar Bahasa Inggris dalam Waktu Singkat!

Nggak perlu berjam-jam. Asalkan kamu fokus selama 30 menit tersebut khusus untuk melatih kemampuan bahasa Inggrismu, udah cukup. Kecuali kamu memang benar-benar ingin super intensif. Bisa 1 jam tiap hari.

Tapi harus konsisten!

Lebih baik tidak terlalu lama dalam satu kali belajar, daripada satu jam di hari pertama lalu bolong-bolong di hari berikutnya.

  • Actionable

Maksudnya, belajarnya dengan metode yang membuat kamu bisa secara langsung mengaplikasikan apa yang kamu pelajari. Grammar penting. Tapi kalau kamu terlalu fokus ke grammar, kamu nggak bisa cepat maju. Hal inilah yang sering jadi kendala banyak orang sewaktu belajar bahasa Inggris.

Cukup diingat, bagaimana bayi bisa mulai paham suatu bahasa dan belajar bicara bahkan ketika mereka belum mengerti grammar. Seperti itulah kamu harus belajar. Nggak terlalu penting kamu belajar grammar di awal-awal, yang penting adalah vocabulary dan percaya diri!

Salah itu biasa, namanya juga belajar. Makin sering kamu terpapar dengan hal-hal berbau bahasa Inggris otomatis grammar akan bisa kamu pelajari dengan sendirinya.

Contoh: berlatih speaking sambil membaca teks dan mendengarkan native speaker. Actionable, bisa dilakukan? Bisa banget. Kamu belajar 3 skill sekaligus: reading, listening, dan speaking.

Kamu bisa melatih kecepatan membaca, mendengar, dan berbicara. Karena makin terbiasa membaca teks dalam bahasa Inggris tanpa pusing. Terbiasa mendengarkan suara native speaker sehingga bisa memahami kontennya. Terbiasa berbicara seperti native speaker dengan kecepatan bicara yang normal.

Jadi, sebisa mungkin kamu mengombinasikan antara passive learning (reading, listening) dan active learning (speaking, writing) di setiap pembelajaran. Supaya tidak membosankan dan otomatis juga lebih cepat dalam meningkatkan level kemampuan kamu.

  • Realistic

Menetapkan tujuan itu baik tapi juga harus realistis. Apa memangnya tujuan yang nggak realistis? Contoh: ingin lancar bahasa Inggris dalam kurun waktu sebulan.

Bisa sih, tapi ingat lho easy to get, easy to forget. Nikamti aja prosesnya! Lebih baik menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai sebuah kebiasaan. Dengan terbiasa, kamu akan lebih teratur belajarnya. Otomatis nggak akan cepet bosen.

Contoh lain: nggak punya cukup uang buat les bahasa Inggris? Ya nggak papa, nggak perlu memaksakan diri meminjam uang. Sekarang zamannya internet. Tinggal klik, langsung ketemu. Gunakan hal itu dengan semaksimal mungkin. Banyak sumber referensi dan kursus gratis tersedia di sana. Cukup ketik keyword di mesin pencari dan dalam hitungan detik kamu bisa menemukan ratusan (bahkan ribuan) sumber ilmu yang limitless (nggak terbatas!).

Be creative ya!

  • Time-frame

Nah, ini yang paling penting. DEADLINE! Nggak bisa dipungkiri, yang bisa menggerakkan seseorang supaya terus maju adalah deadline. Dengan adanya deadline, otomatis kamu akan berusaha untuk menyelesaikan sebelum waktunya habis. Itu adalah sebuah mindset.

Terus bagaimana caranya menentukan time-frame yang realistis dan achievable?

Sesuaikan dengan kemampuanmu.

Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri tapi juga jangan terlalu banyak toleransi.

Contoh: targetkan untuk bisa menguasai 700 vocabulary dalam waktu seminggu, artinya 100 kata tiap hari. Nggak terlalu banyak tapi juga nggak terlalu sedikit.

  1. Luangkan waktumu

Kalau kamu punya tujuan dan punya strategi tapi nggak punya waktu, apa gunanya? Sebenarnya setiap dari kita punya waktu. Tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Supaya tujuanmu bisa tercapai dan tips-tips di atas bisa dilakukan, kamu jelas harus meluangkan waktu. Tiap harinya. Kalau perlu pasang alarm dan hindari procrastination!

Berikut tips untuk dapat meluangkan waktu:

  • Hindari semua hal yang bisa menganggu konsentrasi, misalnya matikan notifikasi ponselmu, matikan koneksi internet selama belajar.
  • Fokus 100% dengan apa yang kamu pelajari
  • Gunakan rumus ini dan tempelkan di meja belajarmu!

 

Everyday from … to …  I will learn English!

Contoh: everyday from 05.00 to 05.30 I will learn English!

(tiap hari dari pukul 5 pagi sampai 5.30 aku akan belajar bahasa Inggris!)

 

Kalau kamu nggak tahan dengan proses yang lama, kamu perlu datang ke Kampung inggris Pare disini kamu akan menemukan komunitas berbahasa inggris terbesar di Indonesia dan dijamin bahasa inggrismu akan lancar dalam waktu dua bulan

 

Selamat mencoba! Semoga sukses ya!

Please follow and like us:
Blog Attachment

Leave us a Comment