Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mendengarkan Lagu

2
1845
asrama kampung inggris
1.1 global english - kampung inggris

kampung-inggris.co.id  – Belajar bahasa inggris sambil dengerin lagu atau music adalah metode belajar yang sangat mudah dan banyak meningkatkan kualitas bahasa inggris kalian. Siapa sih yang gak bisa nyanyi walaupun cuma sekedar asal-asalan saja, pasti semu bisa.

Metode satu ini banyak digunakan lo, karena terkesan kalian langsung diajar oleh native speakernya. Selain itu belajar menggunakan music atau lagu dapat memberikan kesan santai untuk kalian dan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Dengan sering memutar atau mengulang-ulang lagu dalam bahasa inggris memudahkan kalian dalam menghafal dan mengucapkan kata perkata dalam bahasa inggris.

Hal ini bisa kita jadikan acuhan untuk mengembangkan kualitas bahasa inggris kalian. Karena metode mendengarkan lagu sangatlah menarik jika kita coba atau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu ribet bawa kamus atau buku-buku besar untuk melatih speaking, grammar dan terutama  pronunciation kalian, jika dalam keadaan ingin bersantai. Cukup membawa smartphone dan buku memo kecil kalian.

Berikut ini adalah tips buat kalian semua yang yang mau belajar bahasa inggris dengan mengunakan metode mendengarkan music atau lagu yang wajib kalian coba dirumah agar hasilnya maksimal jangan pernah menyerah sebelum mencoba,

Global kampung inggris
GE Kampung Inggris
  1. Coba pilih lagu yang tepat atau sesuai

Ini adalah hal utama yang wajib kalian tentukan sebelum mencoba untuk mengulas atau mempraktekkan metode belajar menggunakan lagu bahasa inggris. Coablah untuk mencari lagu yang tepat, disini kalian bisa menggunakan lagu dengan gendre sesuai yang kalian suka supaya menambah semangat belajar kalian. Selain itu cobalah perlahan dengan lagu yang tidak rumit untuk dinyanyikan, karena lagu yang kalian pilih dari awal akan berdampak bagi keberlangsungan hasil belajar kalian.

 

  1. Cari tempat lagu offlline atau online

Hal selanjutnya tempat untuk mencari lagu sebelum diulas. Tempat mencari music atau lagu adalah hal yang penting misal kalian menggunakan salah satu aplikasi yang dirancang di smartphone kalian, kalian bisa dengan mudah streaming video atau offline video, bisa juga kalian temukan pada musixmatch atau spotify kalian bisa dengan mudah mencari lagu-lagu yang kalian inginkan. Dan sekali lagi pastikan kalian memilih lagu atau music sesuai dengan gendre yang kalian suka atau kalian minati agar proses belajar maksimal.

 

  1. Pastikan ada liriknya

Pastikan soal adanya lirik ini adalah hal terpenting berikutnya yang wajib kalian perhatikan, ngak lucu kan kalo kalian harus mengira-ngira sendiri lirik lagi yang akan kalian pelajari, nanti takutnya ada beberapa lirik yang salah. Dengan mencari liriknya juga akan memudahkan kita mengetahui vocab dan pronunciation dari lagu tersebut agar tidak sampai salah kaprah dalam mempelajarinya.

 

  1. Pahami atau kuasai lagunya

Ini hal penting berikutnya, memahami lagu dan menguasai lirik-lirik lagunya adalah hal yang peting supaya kita bisa dengan mudah belajar bahasa inggris sambil menyanyikan lirik - lirik dari lagunya. Karena jika kit apaham lirik dan menguasai lagu semua akan menjadi lebih mudah dan terarah. Tidak asal-asalan dan sembarangan dalam belajar bahasa inggris. Selalu utamakan hal ini sebelum belajar ya.

baca juga Tips Sukses Lancar Bahasa Inggris Di Kampung Inggris

  1. Ikutlah bernyanyi

Selanjutnya adalah mencoba untuk mengekspresikan diri dengan cara bernyanyi mengikuti music atau lagu yang kita dengarkan , secara berulang dan perlahan supaya memudahkan kita dalam meningkatkan kemampuan speaking dan pronunciation yang sesuai. Selain itu dengan ikut bernyanyi akan membuat pikiran kita tenang dan tidak terbebani, merasa nyaman dan meningkatkan sirkulasi darah dengan lancar. Otak kalian pun akan bekerja lebih maksimal jika kalian belajar dengan keadaan bahagia.

 

  1. Catatlah vocabnya

Berikutnya adalah kalian coba untuk mencatat setiap vocab yang ada pada kalimat dari lirik lagu tersebut, supaya selanjutnya kalian bisa mengembangkan vocab tersebut dengan kalimat - kalimat baru lainnya. Hal ini bisa kalian asah terus supaya kalian memiliki kemampuan dalam menghafal vocab sebanyak- banyaknya. Dengan begini kalian bisa dengan mudah merangkai kalimat-kalimat baru yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Manfaat yang bisa kita dapat dari metode ini adalah,

  1. Akan menambah budaya bahasa kalian atau bisa dibilang bahasa kekinian

kalian pasti pahamkan dalam kehidupan kita yang semakin hari semakain sering bermunculan bahasa-bahasa baru atau bahasa kekinian. Misal saja kalian punya teman bule diawal-awal mungkin sudah biasa ya kalo kalaian menyapa dengan kalimat “how are you?” tapi lama kelamaan dia bakal mikir kalian terlalu kaku atau bisa dibilang formal banget, namun sapaan itu sekarang bisa kalian rubah dengan “whasup?”

 

  1. Lagu mempengaruhi emosional kalian

Yap! Yang satu ini sangat bermanfaat bukan untuk kehidupan kita sehari-hari. Melatih pembawaan emosional kita lagu sangat baik dalam hal ini, jika kita mendengarkan lagu yang santai otak dan pembawaan kit akan tenang mengikuti setiap lantunan dari music tersebut. Namun jika kita merubahnya dengan gendre rock yang ngajak kita jingkrak-jingkrak ala anak metal hal itu juga membawa efek pada system emosional kita. Maka dari itu lagu sangat bagus di dengarkan untuk mengingat sesuatu karena mambawa perasaan dalam hal satu ini.

 

  1. Lagu bahasa inggris akan membiasakan kalian berbahasa inggris

Ini  manfaat selanjutnya yang bisa kalian dapat dengan sering mendengrakan lagu bahasa inggris. Membiasakan diri mendengarkan lagu bahasa inggris secara tidak langsung sudah melatih kita dalam hal mengingat speaking, grammar dan pronunciation. Kebiasaan baik akan menghasilkan hasil yang baik pula maka dari itu janganpernah meremehkan hal-hal biasa yang sering kalian lakukan sehari – hari.

baca juga 10 Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris

  1. Lagu mengajarkan pelafalan yang baik (pronunciation)

Hal ini pasti akan terjadi jika kita mendengarkan lagu dengan baik dan benar. Sekali lagi dengan baik dan benar. Dalam kegiatan sehari – hari kalian yang hobi dengerin lagu pasti tidak pernah terlepas dari hal menyanyi saat mandi, makan, berangkat sekolah dan lain-lain. Hal ini lah yang akan terus mengasah kemampuan pronunciation kalian menjadi lebih baik dengan mendengarkan lagu.

 

  1. Lagu mengajarkan kita memecahkan kesulitan baru

Dalam belajar metode ini adalah ketika kmau harus berganti dari lagu satu ke lagu satunya yang pasti memiliki tingkat kosa kata yang berbeda.

Oleh karena itu jadikan lagu sebagai tingkat menaikkan level bahasa inggris kalian, sehingga ketik akalian dihadapkan dengan lagu atau soal-soal baru yang sedikit rumit kalian akan terbias untuk memecahkan solusinya. Jika sebelumnya lagu yang mudah dipelajari selanjutnya naikkan ke lagu yang sedikit rumit.

Yap! Itulah dia beberapa tips jitu buat kalian yang mau belajar bahasa inggris pakai metode satu ini. Sangat perlu diperhatikan jika kalian benar-benar ingin mencobanya jangan sampai hanya setengah - setengah saja niat yang kalian miliki. Pastikan semua sudah terencana agar proses belajar kalian tidak  hanya buang – buang waktu. Semoga bermanfaaat dan selamat mencoba. ^-^

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here