Seberapa perlukah belajar grammar ?

0
108

Pentinganya Grammar

Untuk menguasai bahasa Inggris, mengerti penerapan grammar adalah keharusan.Bila diabaikan, hal ini akan menyulitkan pembelajar bahasa Inggris dalam menulis atau bahkan memahami bahasa inggris itu sendiri.

Grammar itu adalah tata bahasa, dimana akan memberikan gambaran tata bahasa Inggris kepada pembelajar untuk sederhananya memahami jenis kata benda, sifat, kerja, dan kata keterangan. Misalkan:

Books = Buku-buku adalah kata benda (noun)

yellow = Kuning adalah kata sifat (adjective)

Buy = Membeli adalah kata kerja (Verb)

Sadly= Dengan sedih adalah kata bantu (Adverb)

Dengan memahami jenis kata seperti diatas akan memudahkan pembelajar untuk mengasah kemampuan komunikasinya dan mampu menyusun frasa/kalimat dengan benar, berikut contohnya penerapannya:

Buku kuning bukan book yellow tetapi yellow book.

Buku itu telah dijual bukan that book already sell tetapi the book has been sold.

Kami berjalan secara hati-hati bukan we walk be careful tetapi we walk carefully.

Oke, kita coba bahas sedikit lagi, bila tanpa mengetahui mana verb, mana adjective dan noun bisa membentuk frase/kalimat seperti diatas? saya rasa tidak, karena menyusun kalimat dengan benar seperti contoh diatas,butuh wawasan dasar mengenai jenis kata.

Sering kita temukan orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris mengesampingkan grammar saat belajar agar bisa bisa berbicara lancar. Apakah ini sudah benar atau memang begitu seharusnya?

Tentunya bakal ribet banget berkonsentrasi pada dua hal yang sama beratnya buat pemula, oke, begini penjelasannya:

Bila itu pelajar pemula yang sama sekali belum mengerti bahasa Inggris, maka kesalahan yang terdapat pada prakteknya masih dibiarkan dan diperbaiki pelan-pelan, contoh kasusnya begini:

Saat perkenalan, pemula akan kesulitan merangkai kalimat hingga yang terjadi adalah kesalahan grammar contohnya: I Susi, you can call I Sus.

Tentunya pembelajaran speaking selanjutnya akan dibarengi dengan pengenalan kata ganti (pronoun) supaya hal diatas tidak terjadi lagi, baik itu tentang penggunaan subject pronoun, object pronoun, possessive adjective, possessive pronoun atau reflexive pronoun. Bukan malah mengabaikannya.

Maka contoh kalimat perkenalan diatas dapat diperbaiki menjadi My name is Susi, you can call me Sus.

Apa saja sih yang akan dipelajari dalam kelas grammar itu?

Sederhananya, saya coba menuliskan sesuai urutan bab pembahasan grammar dari bukunya Marcella Frank (1972). Bagi saya ini sudah menjadi acuan yang bagus untuk memahami frammar step-by-step. Kuy di-check:

  1. Introduction to Parts of speech
  2. Nouns
  3. Pronouns
  4. Verbs
  5. Auxiliaries
  6. Adjectives
  7. Articles
  8. Adverbs
  9. Prepositions and Preposional phrases
  10. Conjunctions and Compounding
  11. Clauses and Sentences
  12. Introduction to Complex Syntactic Structures
  13. Adverbial Clauses
  14. Adjectives Clauses
  15. Noun Clauses
  16. Participial Phrases
  17. Gerund Phrases
  18. Infinitives Phrases
  19. Absolute Constructions
  20. Abstract Noun Phrases, and
  21. Appositives Noun and Adjectives Phrases

6 materi grammar buat pemula biar lebih jago speakingnya 

Biar kawan-kawan lebih mudah dan cepat berhasil untuk membangun komunikasi yang baik dalam bahasa Inggris, saya memiliki saran pemilihan topik berdasarkan intensitas penggunaannya dalam speaking. Nah, Sekarang boleh digunakan ya:

  1. Parts of speech

Bab ini membahas kelas kata dalam bahasa Ingggris seperti kata kerja, sifat, kata benda dsb. Materi ini berguna pembelajar untuk menyusun kalimat percakapan dan penulisan dengan benar.

2. Penggunaan Articles

Articles dalam bahasa inggris ada 3 yaitu article a, an dan the. Jadi sangat berfungsi untuk membedakan dan menginformasikan tentang benda atau orang yang sedang dibicarakan, contohnya:

  1. a guitar = sebuah gitar
  2. The most spectacular show = Pertunjukan paling spektakuler.
  3. an onion = satu siung bawang

3. Penggunaan FANBOYS

FANBOYS adalah singkatan dari kata penghubung For, And, Nor, But, Or, Yet, dan So. Mempelajari penggunaan mereka akan membantu pelajar bahasa Inggris merangkai kalimat percakapan dengan benar.

4. Tenses

Tenses adalah materi tentang penggunaan kata kerja sesuai masa (masa lalu, sekarang dan masa depan). Total Tenses ada 16 tapi pemula cukup mempelajari 6 saja yaitu present tense, present continous tense, present perfect tense, past tense, past continues dan future tense. Dijamin kamu akan mudah berbicara

5. Mempelajari Have dan Has

Mempelajari ini membantu teman-teman mengungkapkan expresi kepemilikan terhadapan sesuatu dengan benar. Misalnya :

  1. I have new books = Saya punya buku-buku baru
  2. She has a kitten= Dia (perempuan) memiliki anak kucing

6. Pronoun

Materi ini akan membantu pelajar untuk memilih kata ganti orang atau benda dengan tepat misal penggunaan I, You, They and We dsb.