'

Pare dan Academic English

Jurgen Habermas menempatkan bahasa sebagai simbol utama yang diproduksidan dikonsumsimanusia.Sejak 2500 tahun lalu bahasa telah menempati posisi penting sebagai metode penyampai makna yang mempermudah pemikiran filosof, penelitian ilmuwan atau komunikasi manusia pada umumnya.Memasukiabadke 20, bahasa bukan lagi menjadi metode yang digunakan oleh subyek pengkaji, tetapi telah berkembang menjadi obyek kajian itu sendiri.Pendek kata, manusia adalah ia yang mampu mengkomunikasikan berbagai makna melalui simbol bahasa.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana dapat memaknai bahasa manusia yang sangat beragam itu?Nah, untuk mempermudah komunikasi manusia karena bahasa yang beragam, diperlukan bahasa internasional.Salah satubahasa yang paling global adalah bahasa Inggris.Di lihat dari suku kata, bahasa Inggris memiliki sekitar1.022.000 kosa kata.Hal ini merupakan jumlah kosakata yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan bahasa Indonesia yang hanya berkisar 91.000 kosakata. Globalisasi bahasa Inggris juga terdapat pada internet, film, buku atau bahkan pertemuan internasional antara Negara.

Di Indonesia sendiri, kebutuhan akan bahasa Inggris semakin berkembang. Baik itu kalangan pebisnis, praktisi, terlebih bagi kalangan akademisi seperti dosen dan mahasiswa.Kehadiran Academic English di kalangan kampus maupun lembaga kursus menjadi bukti bahwa bahasa Inggris telah berkembang menjadi kebutuhan tersendiri dalam proses transformasi pengetahuan dewasaini. Adapun keterampilan yang dikembangkan dengan hadirnya Academic English antara lain;keterampilan dan strategi berbicara dan memahami (mendengarkan) Bahasa Inggris dalam konteks akademik, memahami perkuliahan dan mencatat, menyusun dan menyajikan seminar, berpartisipasi secara efektif dalam diskusi kelompok dan tutorial, kemampuan membaca akademis di universitas, termasuk menganalisa artikel akademis, membaca dan mencatat serta menulis dalam bahasa Inggris untuk keperluan akademis, seperti menyiapkan dan menulis tugas (parafrase, referensi), ringkasan, esai, laporan dan jawaban ujian.

Apa tujuan dari keterampilan-keterampilan di atas?Jika peserta didik telah memiliki kemampuan dalam Academic English setidaknya ada dua manfaat yang akan merekaperoleh. Pertama, potensi untuk mendapatkan lapangan kerja semakin terbuka,baik pada perusahaan nasional maupun perusahaan internasional.Hal itu dikarenakan Academic English membangun hard skiil dan soft skill yang amatdibutuhkan oleh perusahaan.kedua yang dapat diperoleh adalah terbuka jaringan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan keluarnegri, dimana untuk mendapatkan beasiswa tersebut dibutuhkan kualifikasi dan sertifikasi tertentu yang memang telah menjadi sasaran dari Academic English.

Jika Anda telah memahami akan pentingnya Academic English, langkah lanjutan yang harus Anda lakukan adalah dimana Anda dapat mempelajari Academic English dengan efisien dan efektif? Secaraumum, pepatah yang mengatakan setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru memang ada benarnya.Tetapi untuk efisiensi dan efektivitas pembelajaran dibutuhkan tempat terbaik dan guru yang ahli di bidangnya.Efisiensi tempat belajar dibutuhkan demi kenyamanan saat belajar.Sementara guru yang ahli di bidangnya dibutuhkan demi efektivitas hasil ajar.Rekomendasi kami untuk menemukan tempat belajar yang efisiendan guru belajar yang efektif adalah di Pusat Lembaga Kursus di Indonesia; Kota Pare, Kediri yang terletak di Jawa Timur.

Mengapa harus Pare Kediri? Terdapat sebuah ungkapan menarik mengenai Pare, yaitu dikatakannya Pare sebagai London-nya Indonesia.Berbicara sejarah, keberadaan Pare sebagai kampung Inggris telah bermula sejaktahun 1977. Di lihat dari usia perkembangan, Pare tentunya sudah memiliki kematangan sebagai lokasi khusus tempat belajar bahasa Inggris. Hingga saat ini tercatat lebih dari 154 lembagakursus yang ada di Pare.Lembaga kursus sebanyak itu semakin menambah ragam pilihan karakterlembaga kursus seperti apa yang akan anda pilih nantinya. Pada segi bisnis, awal decade 2000 ini, kampung Inggris Pare telah menarik minatbanyak investor untuk mengembangkan kampung Inggris sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Kami telahmenawarkannya, The Choice is Yours! artikel ini dibuat oleh team Academic English dari Lembaga Global English Pare

Please follow and like us:

Leave us a Comment