Ini Dia Komunitas Laskar Pengajar Kampung Inggris

0
175
Laskar Pengajar Kampung Inggris

Kampung Inggris bukan hanya soal Bahasa Inggris, bukan hanya tentang Kediri, tetapi juga tentang para pemuda yang produktif, sebagaimana yang dilakukan oleh para pelajar yang tergabung dalam komunitas Laskar Pengajar Indonesia.

Didirikan Pelajar Kampung Inggris

Komunitas ini didominasi oleh pelajar yang sedang menuntut ilmu di Kampung Inggris Pare. Mereka seperti menjadi pelita bagi generasi muda Desa Gedang Sewu. Komunitas ini memberikan kontribusi ke masyarakat di bidang pendidikan dan sosial.

Laskar Pengajar Indonesia dibentuk pada 14 Januari 2017 yang digagas oleh Reza Rahmatillah. Pria asal Aceh itu membentuk komunitas ini bersama teman-temannya yang sedang belajar di Kampung Inggris.

Tujuan didirikannya komunitas ini untuk ikut serta dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Bentuk dari tujuan ini, Laskar Pengajar membentuk Rumah Baca Laskar Pengajar di gedung sosial Gedangsewu. Tempat ini dijadikan sebagai perpustakaan dan ruangan belajar untuk anak-anak TK hingga SMA.

Para pengajarnya berasal dari para pelajar Kampung Inggris yang notabene datang dari berbagai daerah di Indonesia. Pembelajaran tersebut diperuntukkan pada anak-anak di lingkungan bekas lokalisasi Gedang Sewu. Kegiatannya dilaksanakan setiap Sabtu & Minggu dari pukul 14.00-17.00.

Komunitas Sukarela

Laskar Pengajar Indonesia ini bersifat sukarela. Para relawan mengikuti setiap kegiatan dengan senang hati tanpa paksaan serta melakukan kegiatan yang berguna untuk masyarakat, dan tidak mencari keuntungan pada setiap kegiatan, dengan kata lain murni atas ketulusan dan kepedulian sosial.

Komunitas Laskar Pengajar Indonesia ini bekerja dengan tiga Bagian: Education, Public Relations, dan Creative Management. Buat kalian yang masih kepo, bidang Education bertugas untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif. Bagian inilah yang menjadi penyusun silabus atau buku ajar.

Selain itu, Bidang education juga bertanggung jawab untuk mengatur tempat belajar yang mesti disinggahi para relawan. Bidang pendidikan di Laskar Pengajar ini juga mengawal berjalannya pendidikan akhlak atau pendidikan karakter yang diusung Laskar Pengajar.

Selanjutnya adalah Bidang Public Relations. Bidang ini bertanggung pada pengondisian seluruh sukarelawan baik yang akan dan sudah bergabung dengan Komunitas Laskar Pengajar. Selain itu, Bagian Public Relations pun berkewajiban untuk membangun hubungan dan kerja sama dengan masyarakat di sekitar Gedangsewu agar dapat berperan aktif dalam pengembangan Komunitas Laskar Pengajar.

Terakhir, Bagian Creative Management. Bidang ini punya tugas untuk menginformasikan Komunitas Laskar Pengajar memalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan Website. Apabila kalian tertarik untuk bergabung di Bagian ini, maka kalian punya tugas untuk membuat sarana publikasi seperti leaflet, broshur, dan spanduk. Bidang ini, juga bertanggung jawab pada pelestarian minat baca adik-adik di Gedangsewu,

Tahukah kamu? Volunteer atau relawan di Laskar Pengajar saat ini sudah mencapai ratusan dan aktif mengajar di Setiap Sabtu dan Minggu Sore? Apa kamu mau jadi sukarelawan yang berikutnya? (Budi Barakat)