Kalender Akademik Di Kampung Inggris

0
78
Kalender Akademik di Kampung Inggris

Kalender akademik

Sebelum kita masuk pada pembahasan kalender akademik di Kampung Inggris, lebih afdolnya kita perlu mengetahui lebih dulu apa itu kalender akademik. Kalender akademik merupakan istilah yang familiar di dunia pendidikan yang mengacu pada program satuan pendidikan setiap tahunnya. Kalender akademik berisi informasi program mulai dari hari efektif pembelajaran, hari libur, tanggal dimulainya awal semester ganjil dan awal semester genap, tanggal berakhirnya pembelajaran di semester ganjil dan genap, tanggal pelaksanaan ujian, pelaksanaan wisuda, dan lain sebagainya.

Kalender akademik inilah yang menjadi salah satu bahan acuan pihak lembaga dalam memutuskan atau mengagendakan program tambahannya. Menjadi pedoman dan pengingat untuk masa periode kerjanya di lembaga. Sederhananya, kalender akademik ini menjadi rambu-rambu satuan pendidikan dalam menjalankan setiap programnya.

Selain itu, kalender akademik juga menjadi sumber informasi bagi para siswa/pelajar/mahasiswa baik sebelum memasuki hari efektif pembelajaran, ketika sedang menjadi proses pembelajaran ataupun ketika sudah usai menjalankan pembelajaran. Kalender akademik tidak hanya menjadi sumber informasi bagi para siswa/pelajar/mahasiswa saja, kadang-kadang atau sering juga wali pelajar dan masyarakat umum juga mencari informasi tersebut dari lembaga/satuan pendidikan tertentu untuk dijadikan referensi dan dijadikan rujukan.

Kalender akademik di Kampung Inggris

Kalender akademik di Kampung Inggris cukup sederhana, berbeda dengan kalender pada umumnya yang kita tahu. Tidak ada istilah semester ganjil dan genap di sini yang biasa memakan waktu 4-5 bulan lamanya. Tanggal pelaksanaan ujian, hari efektif, dan sebagainya tidak dijelaskan secara rigid seperti kalender akademik di satuan pendidikan. Yang sama Cuma 1 yaitu proses belajarnya sama-sama diagendakan dalam 1 tahun.

Dalam 1 tahun kalender akademik di Kampung Inggris ada 12 bulan masa belajar efektif dengan kata lain lebih padat dari kalender akademik di satuan pendidikan dan masa liburnya hanya satu minggu menyongsong idul fitri dan satu minggu setelah idul fitri. Lebih padatnya disini cuma dalam kalender akademiknya saja bukan dalam pengambilan programnya yang harus dipenuhi sedemikian rupa. Misalnya kalender akademik punya Global English ini yang menginformasikan secara lengkap periode pembelajaran dalam setahun.

Periode 10 dan 25

Dari kalender akademik di Kampung Inggris di atas, setiap bulannya ada dua periode yaitu periode 10 dan periode 25 dan masing-masing periode berlangsung selama dua minggu. Periode 10 maksudnya dimulai tanggal 10 pada setiap bulannya dan  periode 25 dimulai pada tanggal 25 setiap bulannya. Walaupun tidak mesti dimulai pada tanggal tersebut karena menyesuaikan dengan harinya juga. Hal ini karena keadaanya sudah tidak memungkinkan makanya dimulai tanggal 10 atau tanggal 25. Biasanya dimundurin satu sampai tiga hari seperti informasi dari gambar di atas.

Terus untuk dua minggu dalam satu periode tidak semua hari dipakai untuk belajar. Dalam dua minggu itu ada 10 hari waktu normal pembelajaran dan sudah termasuk pelaksanaan middle test dan final test. Kalau awal periode bertepatan dengan Hari Senin maka akan aman-aman saja, Hari Sabtu bisa menjadi waktu rehat. Kalau awal periode dimulai Hari Selasa maka Hari Sabtu akan digunakan untuk belajar biar genap lima kali tatap muka dalam seminggu. Begitupun seterusnya, pembelajaran awal periode dimulai Hari Rabu atau Kamis bisa dipastikan tetap berjalan dan Hari Sabtu tetap dipakai, kecuali awal periode bertepatan dengan Hari Jumat, Sabtu dan Minggu maka akan diundur pada Hari Seninnya.

Sebelum berakhir

Informasi-informasi kalender akademik di Kampung Inggris seperti ini sangat penting bagi kita apalagi informasi periode pembelajarannya wajib kita ketahui biar setibanya di Pare tidak menganggur lama karena telat mengetahuinya. Atau datang telat ke sini dan melewatkan 2/3 kali pertemuan pembelajaran, jadinya saat di kelas ketinggalan materi dan bakalan kesulitan mengejar materi yang telah dilewati. Untuk itu, dipastikan dulu sebelum berangkat ke Kampung Inggris sudah benar-benar paham mengenai kalender akademiknya, kecuali memang sengaja datang tidak tepat waktu untuk mencari informasi lebih dalam tentang Kampung Inggris dan untuk survey lembaga kursusan terlebih dahulu.

Menghindari ketersesatan saja si!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here