'

Cerpen kampung Inggris

MANTAN PACARKU BERGARANSI DI KAMPUNG INGGRIS

“Terima Kasih telah memilihku, dan telah memberi warna baru dalam hidupku, sampai bertemu lagi semoga kau menemui kebahagiaan”

Pacar adalah sesorang yang special, seseorang yang dapat memberikan kasih sayang yang lebih, dan seseorang yang penuh rasa perhatian. Pacaran merupakan proses perkenalan antara dua insane manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga. Lalu bagaimana sih bisa berlangsung lama? Kita bisa menemukan pacar dimana saja yah salah satunya di Pare kampung inggris ^_^

Kampung Inggris adalah wilayah Pare yang terletak di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur yang menjadi tempat perkumpulan orang-orang untuk belajar bahasa inggris. Awal mulanya pare menjadi terkenal dengan sebutan kampung inggris yaitu dari seorang pelajar yang berasal dari kalimatan timur ingin belajar bahasa inggris, menurut cerita penduduk sekitar pemuda itu bernama Mr. Kalen. Berkat beliau kini Pare disebut-sebut menjadi Kampung Inggris.

Beberapa tempat bimbingan belajar menyediakan camp bagi para pelajar, tujuannya agar pembelajaran bahasa inggris lebih efisien dan lebih praktis untuk menguasai bahasa inggris dan itu menjadi salah satu alasan bagi para pelajar datang ke kampung inggris untuk belajar bahasa inggris, tidak heran apabila ada yang menyebut kampung inggris menjadi gambaran lambang Negara Indonesia yaitu bhineka tunggal ika berbeda-beda tapi tetap satu dilihat dari para pelajar yang datang dari penjuru pulau Indonesia yaitu dari sabang sampai merauke.

Dimana ada pertemuan, disanalah ada kehidupan. Dan jika prtemuan itu penuh kecintaan, kehidupan tersebut adalah kehidupan yang indah. Cinta dan kecintaan adalah kekuatan yang menjadikan keberadaan kita di kehidupan ini menjadi sebuah kehidupan yang bernilai. Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sementara rasa suka dimulai dari telinga. Sehingga, bila kamu mau berhenti menyukai seseorang, cukuplah dengan menutup telinga. Tetapi jika kamu coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu akan berubah jadi titisan air mata dan terus tinggal di hatimu dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berbicara soal waktu seperti hanya jaminan yang membutuhkan waktu yang berhubungan dengan barang yang bergaransi. Garansi adalah dalam dunia penjaminan untuk barang dikenal istilah Guarantee dan Warranty. Dalam kamus bahasa Inggris dan bahasa ala eyang google Guarantee ditranslatekan sebagai Jaminan. Sedangkan Warranty ditranslatekan sebagai garansi. Sementara dalam KBBI hanya dikenal kata garansi dengan arti seperti dijelaskan sebelumnya, namun dalam tulisan kali ini menjelaskan bahwa ternyata manusia dapat juga bergaransi dan jaminanya yaaahh hati dan perasaan butuh jangka waktu sampai masa jatuh temponya berakhir UPPSSS… cinta memang terkadang dapat dimengerti oleh logika namun hatilah yang tidak mau mengerti.

Kisah ini dimulai dari seorang gadis yang mencoba hidup jauh dari kedua orang tua dan dari kampung halamannya, dan bagi gadis ini untuk pertama kalinya ia hidup jauh dari kedua orang tua dan keluarganya, awalnya gadis ini tidak yakin bahwa bagaimana ia bisa hidup ketika kebiasaan yang sebelumnya berharap dari kedua orang tuanya lalu secara tiba-tiba ia mesti harus melakukannya dengan sendiri dan itu harus dilakukannya dan dengan terpaksa keputusan yang telah diputuskannya yaitu mencoba hidup jauh dari orang tua mau tidak mau harus dilakukannya meskipun gadis ini masih tetap dalam tanggungan biaya kedua orang tuanya namun gadis ini harus bisa mandiri dalam soal mengurusi dirinya. Keinginannya untuk menjadi seseorang gadis yang mandiri kini terwujud dan saat ini gadis itu menghabiskan waktu liburan kuliahnya di Kampung Inggris. Selama ini ia hanya menghabiskan waktu liburannya di kota tempat ia berasal dan kini waktu yang harus dilewatinya adalah menghabiskan waktu liburannya di Kampung Inggris Pare. Betapa senangnya gadis itu karena permintaannya untuk menghabiskan masa liburannya yang sebelumnya tidak mendapatkan izin untuk pergi keluar kota maka saat ini ia dapatkan.

Periode 10 februari pembelajaran tempat kursus dimulai, bertempat di Global English Pare Kampung Inggris gadis ini menghabiskan waktunya dengan belajar bahasa inggris. Gadis ini bernama Fatni yang berasal dari Makassar dan berusia 19 tahun, dilihat dari umur gadis ini masih terbilang muda tidak heran apabila sifat Fatni masih sangatlah labil, sifatnya yang baik, cuek, dan sangat percaya diri serta apa adanya kurang lebih seperti itulah karakter fatni. Sejak awal dalam pikiran fatni ia memutuskan untuk menghabiskan masa liburannya di Kampung Inggris tujuannya adalah belajar dan menambah daftar teman baru baginya namun ternyata saat fatni pertama kalinya menginjakkan kaki di kampung inggris betapa bahagianya ia ketika melihat suasana tempat yang begitu nyaman terutama ketika ia melihat pada pandangan pertama dan itu menjadi pusat perhatiannya adalah disaat melihat salah seorang pria yang berada ditengah keramaian office Global English yang membuat fatni sangat tertarik pada waktu itu. Ternyata pria itu adalah salah satu tutor dari Global English yang dimana tempat saat ini Fatni belajar. Ketertarikan fatni pada saat itu hanya sebatas kekagumannya kepada tutor nan cool yang mengajar kelas pronunciation, Mr Panjul itulah sapaan manja dari teman-teman terdekat tutor itu.

Seiring dengan berjalannya waktu perasaan Fatni terhadap tutor Pronunciation itu hanya sebatas mengagumi maka saat ini Fatni hanya menginginkan untuk bisa menjadi teman dekat dengan tutor itu dan cukup sampai disitu. Berselang beberapa waktu kemudian Fatni memiliki teman dekat tutor perempuan yang sangat sehati dengannya, berusia yang sama dengan fatni dan sangat bersahabat itulah yang membuat kecocokan diantara keduanya, nama teman Fatni adalah Rianti dia berasal dari Jawa tengah. Rianti adalah salah satu tutor perempuan yang direkrut dari beasiswa Teaching Clinic dan diapun berasal dari salah satu peserta TC (Teaching Clinic) yang merupakan program beasiswa TC (Teaching Clinic) Global English.

Kedekatan mereka menjadi bagian dari cerita baru bagi Fatni, dimulai dari moment jalan-jalan bersama, dan moment dimana mereka berbagi cerita suka ataupun duka sehingga moment-moment itu terkadang Fatni mengabadikannya didalam camera 360 miliknya. Pada pertemuan fatni dan rianti di minggu berikutnya setelah kedekatan mereka, rianti memperlihatkan pacarnya yang juga beprofesi sama seperti rianti yakni tutor pernounsition GE dan merupakan peserta TC dan saat itu antara rianti bersama pacarnya menjalin hubungan backstreet dikarenakan dalam peraturan peserta TC bahwa sesama peserta TC dilarang menjalin hubungan lebih dari teman namun riantipun melanggar peraturan itu.

Mr F adalah nama inesial dari pacar Rianti agar mata terasa jelas utuk membaca tulisan ini maka sebut saja nama pria itu si Mr Fulan hehehee.. rianti pernah menceritakan soal hubungannya bersama mr fulan bahwa hubungan antara rianti dan mr fulan telah menginjak bulan ke 7 dan akan masuk pada bulan ke 8. Mendengar itu fatni merasa hubungan antara rianti dan mr fulan cukuplah lama. Di saat yang tidak tepat pada pertemuan antara fatni dan rianti tiba-tiba handphone milik fatni berdering bunyi itu berasal dari pesan blackberry masanger atau istilah terkenalnya adalah BBM yang masuk pada handphone fatni dan ternyata pesan itu adalah undangan pertemanan dari pemilik BBM yang bernama Fulan, meskipun dalam hati fatni penuh dengan tanda tanya namun diam-diam permintaan pertemanan tersebut diterimanya. Fatni masih belum mengetahui bahwa fulan itu adalah siapa, apakah dia adalah teman yang ia kenal sebelumnya atau hanya orang yang menambah kontak BBM. “biarlah” begitulah gerutu dalam hati fatni pada saat itu, kemudian pada saat melihat display picture milik si fulan yang muncul dalam recent updates BBM miliknya ternyata pria yang saat itu meminta pertemanan BBM pada fatni yang bernama si fulan adalah pacar dari rianti “hahahaaa” seperti itulah tawa fatni pada saat menyadari bahwa pria atas nama fulan itu adalah pacar dari rianti yang saat ini menjadi teman dekat fatni di Kampung Inggris.

Tak selang beberapa hari setelah pertemanan antara fulan dan fatni di BBM tiba-tiba fatni kaget mendapat pesan masuk dalam obrolan BBM fatni, pesan obrolan itu berasal dari Mr fulan yang sebelumnya antara fatni dan fulan belum saling mengenal satu sama lainnya, menurut pekataan fulan pin BBM fatni diambilnya dari teman-teman kontak si rianti, karena fulan sering melihat fatni selalu bersama dengan rianti, dan kemudian obrolan fulan pada saat itu sangat akrab bersama fatni sehingga fatni merasa pacar dari rianti ini ternyata asyik dan sangat bersahabat sama halnya seperti rianti pacar dari fulan. Di hari berikutnya fulan masih mengirimkan pesan BBM kepada fatni sampai pada setelah 1 minggu kedekatan mereka obrolan diantara keduanya dalam BBM semakin menunjukkan kedekatan diantara keduanya dan itu diluar sepengetahuan rianti.

Saat itu fulan menceritakan tentang hubungannya yang kini masih sedang dirajut bersama rianti ternyata hubungan mereka makin hari makin renggang. Saat obrolan itu fatni berencana untuk merahasiakan kedekatannya bersama fulan dalam obrolan itu karena fatni takut untuk menyakiti hati teman dekatnya yaitu rianti yang diluar sepengetauan rianti fatni terus menanggapi curahan hati dari si fulan, sampai pada akhirnya diam-diam sejak kedekatan itu fulan menaruh rasa pada fatni, dan setelah hubungan kedekatan antara fatni dan fulan terhitung 3 minggu tiba-tiba fulan mengungkapkan perasaannya kepada fatni dan itu dilakukan fulan selama berulang kali dalam setiap hari setelahnya, hal itu dikarenakan fatni tidak terlalu merespon perasaan yang dimiliki oleh si fulan, sebab fatni tau bahwa fulan adalah pacar dari rianti teman dekatnya dan riantipun selalu bercerita tentang fulan kepadanya bahwa rianti sangat menyayangi fulan. Hari itu juga fatni sangat dirundung kebingungan karena si fulan sangat memohon cinta dari fatni namun disisi lain fatni mengingat bahwa fulan adalah pacar dari rianti yang menjadi teman dekatnya saat itu dan fatni tidak mau hubungan pertemanannya bersama rianti akan renggang, fatni sangat merasa kebingungan tidak tau apa yang harus dilakukannya pada saat itu, dalam hati fatni berkata bahwa jalan satu-satunya yang dilakukannya adalah jujur meskipun itu pahit namun jujur itu lebih baik maka fatni sesegera mungkin menemui rianti dan menceritakan tentang apa yang terjadi selama ini antara fatni dan pacar rianti yaitu fulan.

Satu persatu cerita fatni tentang fulan diungkapkannya kepada rianti tanpa ada yang terlewatkan sedikitpun, dan pada saat itu wajah rianti memperlihatkan aura kecewa marahh dan kesal namun ia mencoba untuk bersabar sampai pada saat itu rianti merencanakan untuk mengadakan pertemuan pribadi antara rianti, fulan, fatni dan salah seorang yang menjadi saksi pertemuan itu, rianti memilih Ms Ria, Ms Ria adalah leader pada angkatan TC rianti dan rencana itu diadakan bertempat di office GE. Pertemuan itupun terjadi setelah program malam debat bahasa inggris bersama krluarga besar member dan tutor GE di office selesai, saat fatni, rianti bersama leader TC yaitu Ms ria bertemu di office GE suasana masih terbilang biasa saja namun seketika suasana menjadi tegang ketika Mr fulan tiba di antara mereka. Dimulai dari pertanyaan rianti terhadap fulan bahwa seperti apakah perasaan fulan terhadap rianti dan begitu juga perasaannya terhadap fatni, terlihat fatni yang pada saat itu hanya bisa diam tiba-tiba kaget karena mendengar penyataan fulan kepada rianti bahwa “aku udah bosen sama kamu yang tiap harinya marah-marah mulu dan aku pilih fatni karena aku sayang dia” UPPPPSSS.. betapa hancurnya hati rianti saat itu dan seketika itu juga air mata rianti menetes yang tak tertahankan, fatni tetap dalam kondisi diam dan bungkam sedikitpun ia tak ingin berbicara apapun karena fatni sangat mengerti kondisi rianti saat itu dan Ms Riapun hanya bisa menenangkan rianti dengan mengusap pundak rianti melalui kedua tangannya dan pada saat itu juga fulan meninggalkan office serta memilih untuk pulang tanpa berkata apapun. Setelah kejadian itu rianti berterimakasih pada fatni karena telah mengungkapkan kebenaran diatas kebohongan fulan selama ini.s

Beberapa hari kemudian rianti sakit, selain hatinya yang sakit badannyapun ikut sakit dikarenakan nafsu makannya yang beberapa hari setelahnya berkurang, hanya semangat yang rianti butuhkan saat itu. Dalam beberapa hari itu juga hubungan antara rianti dan fulan berakhir, semua pemberian dalam bentuk apapun yang berasal dari fulan di buang jauh-jauh dari kehidupan rianti bahkan boneka yang diberikan fulan pada masa-masa pacaran mereka akibat sakit hati yang tak tertahankan maka boneka itu rianti bakar. Rianti berharap bahwa setelah ia membuang dan membakar barang-barang itu dia dapat melupakan si fulan, namun kenyataannya tidak bisa. Fatni mendengar cerita itu sangat merasa bersalah dan tetap dalam kondisi tenang, ia hanya bisa datang untuk mengunjungi teman baiknya selama di kampung inggris itu, ketika fatni datang menjenguk rianti pembahasan mereka tetap saja mengenai si fulan, saat itu rianti mengatakan pada fatni bahwa fulan bagaikan mangga busuk yang harus dibuang jauh-jauh dan pada saat itu dalam hati fatni ia sangat mengunci rapat-rapat perkataan rianti.

Berahli ke cerita s fatni, malam itu setelah kunjungannya ke camp rianti si fulan tetap saja terus menghubungi fatni, dan fatnipun tidak merespon BBM ataupun telfon dari fulan, setelah beberapa hari itu fulan tetap saja mengemis cinta pada fatni, dan secara terpaksa fatni mulai merespon BBM dan telfon dari fulan, setelah kejadian itu fulan tetap saja menyatakan perasaannya yang sangat menginginkan fatni untuk bisa menggantikan posisi rianti, fulan benar-benar sangat ingin memiliki fatni namun hati fatni sama sekali tidak menaruh perasaan apapun terhadap fulan terlebih lagi fulan adalah pacar dari rianti. Fatnipun bingung, ia takut bahwa akan ada balasan karma apabila ia menolak seseorang seperti itu, ia sudah meminta saran dari teman-teman sekamarnya namun jawabannya tetap sama, yaitu apa salahnya untuk menjalani hubungan dipare bersama si fulan, dan kenyataannya antara fulan dan rianti telah berakhir terlebih lagi fulan lebih memilih fatni dan sangat kasihan apabila permintaan hati seseorang itu di tolak, hati-hati akan karmanya seperti itulah beberapa saran dari teman-teman sekamar fatni, namun fatni sama sekali tidak menaruh rasa apapun kepada fulan serta posisi fatni pada saat itu adalah telah menjalin hubungan dengan status pacaran ysng menginjak pada usia ke 2 tahun.

Fatnipun berusaha untuk mengikuti apa yang dikatakan hatinya, dan hatinya berkata bahwa fulan hanya beranggapan bahwa fatni sebagai pelampiasan rasa bosannya yang ada dalam hati fulan sehingga ia memilih fatni, dan kemudian lagi-lagi dalam hati fatni berkata bahwa benar yang dikatakan salah seorang temannya sangatlah kasihan apabila permintaan hati seseorang ditolak, kemudian dalam pendapat hati fatni selanjutnya adalah fulan sangat menyakiti hati rianti, apa mungkin fatni adalah sarana untuk membalas perlakuan fulan terhadap rianti? Jika ia.. fatni sangat berharap akan kesadaran fulan dan dapat kembali kepada rianti. Setelah perkataan hati itu tanpa sepengetahuan rianti ia memutuskan secara terpaksa menerima ungkapan hati fulan, dan antara fatni dan fulan diam-diam mejalani hubungan yang lebih dari teman. Betapa bahagianya fulan saat ungkapan hatinya di terima ole fatni, sejak saat itu kedekatan fulan dan fatni serasa kembali lagi.

Setelah beberapa hari fatni dan fulan menjalin hubungan special, berbanding terbalik dengan hubungan fatni dan rianti, semenjak rianti mengetahui hubungan special fatni bersama fulan antara fatni dan rianti tak sedekat seperti dulu lagi, mereka sama-sama saling diam dan menjauh, sebenarnya dalam hati fatni sangat kecewa dengan kajadian seperti ini, dan ini membuat fatni menjadi jauh dari teman yang sebelumnya sangat dekat dengannya namun disisi lain ia tetap menyemangati dirinya bahwa “tenanglah fatni, ini hanya belokan dan bukan jalan buntu” begitulah semangat fatni dalam hatinya.

Tak terasa sudah seminggu fatni bersama si fulan telah berlalu, namun perasaan fatni masih tetap seperti biasanya dan tidak berubah yaitu meskipun hubungan mereka special namun fatni menganggap fulan hanyalah teman dekat yang akan menemaninya selama di pare. TOOK TOOKK.. begitulah suara ketukan pintu fatni, fatni tak begitu menanggapi suara ketukan pintu itu, fatni tetap saja focus pada handphone yang dipegangnya karena ia piker itu adalah teman secamp atau teman sekamarnya yang hanya ingin mengerjai dia, namun suara ketukan pintu itu tak juga kunjung henti dengan rasa kesal fatni pun beranjak berdiri sesegera mungkin membuka pintu itu, saat membuka pintu itu fatnipun kaget ternyata yang sejak tadi mengetuk pintu itu adalah rianti teman dekatnya yang datang mengunjunginya, dengan wajah canggung dan penuh harapan rianti masuk dalam ruangan fatni, obrolan antara fatni dan rianti serasa seperti baru saja bertemu dan menjadi teman terlihat mereka secara bersama-sama menjadi salah tingkah. Obrolan serius dimulai dari rianti, rianti mengatakan bahwa ia sangat menyayangi fulan, dan sangat meminta fulan pada fatni, rianti berkata “bolehkah aku meminta kembali fulan hanya untuk waktu 1 minggu kedepan dan hanya sampai pada perpisahan TC?” fatni sangat kaget mendengar permintaan rianti, sebab wajah rianti sangat menaruh harapan pada fatni bahwa permintaannya akan dipenuhi oleh fatni. Fatnipun teringat kembali dengan perkataan temannya bahwa sangat kasihan apabila permintaan hati seseorang di tolak, di samping itu fatni sangat mengingat jelas perkataan rianti sebelumnya yang mengatakan fulan hanya sebagai mangga busuk baginya namun disisi lain fatnipun sangat mengharapkan bahwa rianti dan fulan dapat bersama lagi karena hubungan yang telah dibangun 8 bulan itu tidaklah mudah. Kemudian dengan berbesar hati fatnipun memenuhi permintaan rianti, seketika rianti langsung memeluk fatni dan mengatakan terimakasih banyak, setelah itu riantipun permisi pamit kepada fatni dengan wajah yang tersenyum rianti meninggalkan kamar fatni.

Satu hari setelah rianti datang memohon fulan kepada fatni, fatni dengan segera menghapus kontak nomor milik fulan dan mulai pada saat itu juga hubungan antara fatni dan fulan berakhir. Beberapa hari setelahnya fatni mendengar kabar bahwa antara rianti dan fulan kembali bersama, didalam sadar fatni berpikir waahh apakah mungkin fulan dapat diibaratkan barang yang dipinjam begitu saja untuk waktu hingga 1 minggu kedepan? Entahlah yang jelas fatni melakukan yang terbaik untuk dirinya, dan iapun merasa bahwa ia tidak berniat untuk mengambil fulan dari si rianti, dan itu “bukan salah saya apabila fulan lebih memilihku” begitulah gerutu fatni dalam hati, iapun tidak berpihak pada siapapun diantara keduanya, sehingga dia memenuhi permintaan baik dari pihak fulan maupun dari rianti. Kisah inilah yang menjadi cerita baru dalam seumur hidup fatni dan ini menjadi moment yang tidak akan pernah terlupakan oleh fatni tepatnya di Pare Kampung Inggris dan bagaimanakah kisah selanjutnya antara rianti dan fulan setelah perpisahan TC? Itu urusan antara Tuhan dan merekalah, biarkan Tuhan yang menuliskan kisah mereka selanjutnya.

(ilustrasi) Source: Global English Mendukung Program Penghijauan

Please follow and like us:

Leave us a Comment