Cara Menghafal Unik Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kampung Inggris | Kampung Inggris Pare

Cara Menghafal Unik Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kampung Inggris

Cara Menghafal Unik Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Kampung Inggris

Duh masak sih harus ngehafal vocab sebanyak ini dalam satu hari? Udah besok mau final test lagi! Mungkin kalimat itu pernah terbesit di kepalamu ketika harus menghafalkan sebegitu banyak kosakata yang telah kamu pelajari selama hampir satu periode di Kampung Inggris. Sehingga banyak di antara kita belajar mati-matian menghafalkan kata-kata itu sendiri dan tak ayal membuat bosan dan mengantuk. Nggak mau kan kejadian seperti itu? Jadikanlah belajar itu sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikkan. Hal itulah yang akan kamu temukan di kelas-kelas Kampung Inggris.
Apabila kamu mengalami kesulitan dalam menghafal vocabulary bahasa Inggris, kamu bisa kok mengganti cara menghafalmu selama ini dengan cara yang lebih efektif dan menyenangkan. Tidak harus duduk menyendiri untuk menghafal, apalagi membakar kertas lalu meminumnya, hadeuh! Ketika kamu belajar di Pare, pasti sudah tidak asing lagi dengan metode hafalan yang tak biasa, seperti beberapa yang dilakukan anak-anak Kampung Inggris di bawah ini.

1. Bukan cuma membaca dalam hati, kamu bisa menghafal rumus-rumus tenses dengan cara menyanyikannya

Saat tiba di Kampung Inggris, sempatkanlah berjalan-jalan sepanjang jalan Anyelir atau jalan Kemuning. Di sana mungkin kamu akan menemukan tutor Grammar sedang memandu menghafal rumus 16 tenses di kelas dengan cara menyanyikannya. Ya, lirik-lirik nyanyian itu tinggal diganti dengan kalimat sesuai rumus tenses dan perubahan waktunya. Jenis-jenis lagu yang dipilih pun bervariasi. Ada yang menggunakan lagu pop, dangdut hingga shalawatan. Seru kan? Grammar pun bisa jadi program yang mengasyikan di Kampung Inggris.

2. Dengan menghafal pair up bersama teman, kamu tidak hanya bisa menguasai sejumlah vocabulary, tetapi juga bisa menambah keakraban satu sama lain

Metode menghafal lain yang mungkin akan sering kamu temukan di Kampung Inggris adalah dengan cara berpasangan atau pair up. Biasanya, kamu dan satu temanmu akan duduk berhadapan untuk memberikan tebakan kosakata. Satu memberikan tebakan dan yang satunya lagi harus menjawab. Kegiatan itu bisa kalian lakukan bergantian hingga materi vocab berhasil kalian kuasai di luar kepala. Tidak hanya di kelas, kamu juga bisa mempraktikannya bersama teman asramamu.

3. Bingung menghafal banyaknya kosakata bertema occupation? Coba deh lakukan permainan “who am I?”

Occupation atau pekerjaan telah menjadi satu tema yang biasa diajarkan di kelas Vocabulary Kampung Inggris. Biasanya kamu akan diberikan deretan kosakata tentang berbagai macam profesi yang harus kamu hafalkan. Agar kelas menjadi hidup, terkadang tutor memberikan permainan “who am I?” Caranya, anggota kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah yang ada. Lalu, masing-masing grup menyimpan beberapa kosakata yang telah di pilih.
Setelah selesai, satu per satu dari perwakilan kelompok berdiri untuk memberikan clue mengenai vocab yang ia simpan. Sedangkan grup lawan harus berlomba menebak kosakata yang dimaksud dengan dengan mengangkat tangan terlebih dahulu. Biar tambah seru, kelompok yang kalah biasanya diberikan punishment khas Kampung Inggris seperti bernyanyi, menghafal sejumlah vocab atau ‘didandani’ oleh kelompok yang menang.

4. Kamu bisa juga bisa memanfaatkan anggota tubuh sebagai sarana menghafal lho

Yep! Metode ini juga dapat kamu temukan di kelas Vocabulary Kampung Inggris untuk menghafal deretan kosakata bertema anggota tubuh. Kamu bisa menggabungkannya dengan metode pair up. Untuk mengukur tingkat hafalan member, tutor dapat menyuruh dua orang berdiri berhadap-hadapan. Satunya menunjukkan salah satu anggota badan yang dimaksud dan satunya lagi harus mengucapkan bagian yang dimaksud dalam bahasa Inggris. Lakukanlah secara bergantian sampai semua anggota badan dapat ditebak oleh kalian berdua.

5. Terakhir, menempel setiap kosakata di sudut-sudut ruangan seperti kamar tidur atau kamar mandi efektif juga lho

Hal umum yang bisa kamu temuin di camp Kampung Inggris adalah kertas-kertas yang tertempel di beberapa ruangan, seperti kamar, dapur hingga kamar mandi. Kertas-kertas itu berisi sejumlah vocabulary atau idiom yang dapat digunakan untuk percakapan sehari-hari selama di Kampung Inggris. Ternyata menghafal dengan cara itu cukup efektif juga. Dimanapun, kamu bisa dengan gampang menengok kosakata yang tertempel jika kelupaan saat mau ngomong Inggris. Cukup membantu kan?
Gimana? Asyik kan cara menghafal ala anak Kampung Inggris? Anyway, ngehafal itu nggak harus menjelang ujian saja lho. Kamu harus melakukannya sebagai rutinitas harian dan yang terpenting mempraktikkannya dalam percakapan sehari-hari agar apa yang telah kamu pelajari nggak sia-sia. Setuju?

Please follow and like us:

Leave us a Comment