7 Cara Cepat Menghafal Vocabulary

0
594
cara cepat menghafal vocab

Ingin bisa bicara bahasa Inggris cas cis cus dalam waktu singkat? Suka bicara banyak tapi ba bi bu ketika harus berbahasa Inggris? Memikirkan dan mengingat-ingat vocab membuat bicara tersendat-sendat dan mata lirik sana-sini? Sobat Global English, kalau masalah kamu adalah tentang vocabulary, maka 7 cara cepat menghafal vocabulary di bawah ini dijamin bermanfaat buat kamu!

Di kampung Inggris, atau di manapun itu, masalah utama para pelajar bahasa Inggris pemula adalah hafalan vocabulary yang masih minim. Tentu saja! Bagaimana ingin bicara kalau kosa katanya saja tidak tahu? Atau jangan-jangan sudah hafal cukup banyak, tapi tidak umum digunakan sehingga sia-sia? Mungkin itu karena kamu belum mempraktekkan cara cepat menghafal vocab yang umumnya dilakukan. Jika kamu pemula dalam berbicara bahasa Inggris, maka:

1. Pastikan kamu mengenali dan mengingat vocab yang umum digunakan

Dalam bahasa Inggris, vocabulary punya level yang bermacam-macam. Jika kamu buka aplikasi kamus bahasa Inggris Cambridge Advanced Learner's Dictionary misalnya, kamu akan menemukan vocab level A1, A2, B1, B2, C1, C2. Ini keterangan lengkapnya :

  • A1 = beginner (pemula)
  • A2 = elementary (dasar)
  • B1 = intermediate (menengah)
  • B2 = upper intermediate (menengah ke atas)
  • C1 = advanced (lanjutan)
  • C2 = proficient (cakap)

Nah, sobat Global English yang masih pemula bisa memulai mengenal vocabulary level A - B saja dulu. Tapi, ribet sekali bukan, jika harus meniti satu persatu level vocabulary? Oke, kamu tak perlukan itu. Cukup ikuti saja saran penulis berikut:

2. Hafalkan irregular verbs!

Konon, dahulu kala, semua verb (kata kerja) itu irregular (tidak beraturan). Artinya, perubahannya dari V1 ke V2 dan V3 tidak sesederhana menambahkan d/ed. Perubahannya tidak mengikuti aturan, seperti give-gave-given, write-wrote-written, bring-brought-brought, become-became-become.

Lalu seiring berjalannya waktu, setelah bahasa Inggris menyebar ke berbagai penjuru dunia, orang-orang mulai melupakan bentuk V2 dan V3 yang tidak umum dipakai. Akhirnya dibuatlah bentuk modern pengubahan verb ke bentuk V2 dan V3 dengan menambahkan d/ed, ini sekarang kita kenal sebagai  regular verb(beraturan). Metode penambahan d/ed tidak berlaku bagi yang paling sering digunakan, yang kita kenal sebagai irregular verb.

Jadi, kalau kamu mau tahu kosakata apa yang paling kamu butuhkan dalam bahasa Inggris, mulailah dari irregular verbs. Kamu bisa cari mereka di mana saja kok, di bagian belakang kamus maupun di internet. Setelah kamu pelajari mereka, maka:

3. Mulailah suka membaca, apa saja, asalkan dalam bahasa Inggris!

Bagi kamu yang masih kurang membaca, bahkan dalam bahasa Indonesia, cobalah biasakan itu. Apa saja yang sesuai dengan kesukaan kamu, entah itu caption Instagram, komik, cerpen, artikel menarik, atau bahkan komposisi makanan, hehe. Dulu, penulis memulai dengan membaca manga One Piece berbahasa Inggris. Alasannya pertama karena penulis adalah fans berat sejak kecil, kedua karena vocab-vocab yang digunakan di komik pastinya merupakan vocab-vocab yang paling sering digunakan sehari-hari, terutama dalam speaking. Buktikan saja sendiri kalau tidak percaya, nih situsnya: ww7.readonepiece.com.

Temukan bacaan yang menarik buat kamu, apapun asalkan kamu baca hingga tuntas. Kamu pasti akan menemukan banyak vocab yang tidak kamu tahu, artikan semuanya satu persatu. Dan jangan lupa:

4. Pastikan kamu mencari tahu arti katanya sendiri di kamus!

Cara cepat menghafal vocab Siapkan kamus, entah itu elektronik maupun buku. Kenapa begitu? Karena dengan mengetik di kolom cari atau mengulik-ulik halaman kamus, kamu akan mendapatkan pengalaman ingatan yang berbeda dibanding jika kamu cuma bertanya pada orang lain atau mengira-ngira artinya saja. Saat mengetik vocab yang baru kamu temui, secara tidak langsung kamu sudah mempelajari ejaan kata untuk pertama kalinya. Ingatan visual dari vocab tersebut juga masuk ke kepala kamu.

Atau ketika kamu membuka kamus, kamu juga akan menghabiskan waktu lebih lama berurusan dengan vocab yang kamu ingin tahu artinya. Tenang saja, jangan terburu-buru menyelesaikan bacaan kamu. Nikmati saja prosesnya. Meskipun begitu, bukan berarti bertanya arti tidak ampuh. Tidak. Cuma, umumnya, kalau kita cuma bertanya pada teman saja misalnya, maka ingatannya akan cepat hilang lagi. Nah, supaya tidak hilang, maka kamu bisa:

5. Tulis vocab-vocab temuan kamu di buku catatan saku!

Sobat Global English tidak perlu benar-benar menghafal katanya. Cukup tulis, lalu baca saja berulang-ulang di waktu senggang. Belilah sebuah buku catatan kecil yang bisa kamu bawa dan baca di mana saja. Minimal, di buku saku itu kamu bisa tuliskan vocab beserta artinya saja.

Atau bagi kamu yang sudah belajar pronunciationkamu juga bisa sertakan simbol IPA (cara membaca)nya. Buat serapi dan semenarik mungkin buat kamu, supaya semangat membacanya lagi dan lagi.

Bagi sobat Global English yang sedang belajar di kampung Inggris, kamu bisa bawa dan baca saat menunggu pesanan makanan di warung, menunggu kelas dimulai, saat sedang ngopi sendirian, atau kapanpun itu. Yang penting, jangan sampai gara-gara sibuk membaca ulang vocab sampai mengabaikan teman ya, hehe. Untuk memperkuat ingatan kamu, kamu bisa mencoba:

Baca Juga: Idiom yang Bisa Menambah Kosa Katamu

6. Manfaatkan fitur story di Whatsapp, IG dan media sosial lain!

Kamu sering update story di media sosial? Setelah kamu post, berapa kali kamu melihat-lihat ulang story kamu dalam sehari? 2 kali? 5 kali? Atau bahkan 13 kali? Sekarang saatnya kamu manfaatkan fitur story tersebut untuk memposting vocab-vocab yang telah kamu tulis di buku namun sering lupa!

Tulis maksimal 3 vocab saja di story kamu. Bisa kamu variasikan semisal dengan membuat contoh kalimat atau membuat gambar, selama bisa kamu pahami. Jika postinganmu jelas, pastinya juga akan bermanfaat buat temanmu bukan? Penulis telah buktikan sendiri, dengan metode ini, 3 vocab di story dan rata-rata 5 kali review per hari justru menjadi vocab-vocab yang paling diingat oleh penulis. Teman-teman penulis juga banyak yang malah request agar posting terus, hehe.

7. Praktekkanlah terus dalam speaking

Selain menulis vocab baru, pastikan kamu juga mengucapkan dan mempraktekkannya dalam speaking. Kamu bisa ajak teman-temanmu untuk membuat game. Misalnya, tuliskan vocab-vocab baru masing-masing ke dalam secarik kertas kecil. Lalu gulung dan undi bersama teman. Setiap orang harus speaking menggunakan vocab undian tersebut, bisa dua atau tiga vocab. Nanti bergantian lah bertanya dan memberi feedback. Game ini sangat bermanfaat sekali ketika kamu ingin belajar tapi tidak ada tutornya.

Nah begitulah 7 cara cepat menghafal vocab yang bisa kamu praktekkan mulai sekarang. Jangan menyerah hanya karena anggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit. Ingat, garis sepanjang apapun pasti dimulai dari satu titik. Mulailah mencoba cara cepat menghafal vocab dari sekarang ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here