Buat Kamu yang Malas Belajar Bahasa Inggris, Wajib Baca Ini!

Memang nggak bisa dipungkiri kalau belajar bahasa Inggris (atau bahasa apapun) butuh waktu yang lama. Nggak bisa belajar hari ini, seminggu kemudian langsung cas-cis-cus fasih berbahasa Inggris. Karena alasan ini pula banyak orang berhenti di tengah jalan. Kamu termasuk golongan orang-orang ini atau bukan?

Nah, buat kamu yang mungkin masih berpikir “Ah, ngapain sih belajar bahasa Inggris! Kita ‘kan orang Indonesia. Nggak nasionalis banget!”, merasa tiba-tiba malas belajar bahasa Inggris karena merasa kemampuanmu jalan di tempat, atau bahkan yang masih maju mundur buat belajar bahasa Inggris karena merasa belum terlalu penting untuk saat ini.

Artikel ini buat kamu! Iya … kamu! Baca sampai selesai ya, dijamin hatimu bakal tergerak seketika! Tiba-tiba tanpa sadar kamu udah mulai hunting materi buat belajar bahasa Inggris.

  1. Bahasa Inggris Itu Memang Butuh Proses yang Panjang

Memang sih, pertama kali dengar orang ngomong bahasa Inggris kita bakal merasa minder. Banyak dari kamu yang pasti dalam hati bilang, “Ya ampun, dia ngomong apaan sih kok cepet banget! Nggak ngerti sama sekali nih!”

Tenang! Kamu nggak sendirian! Kita semua yang bukan terlahir sebagai manusia dengan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu pasti mengalami hal yang serupa.

Terus kamu bilang, “Pinter banget ih! Berapa lama ya dia belajarnya?”

Iya kan? Tenang aja! Nggak usah repot mikirin dia belajarnya berapa lama atau terhenti semangatmu karena merasa minder. Dalam hal ini, kamu perlu menumbuhkan sikap cuek.

Tiap orang punya fase dan kecepatan belajarnya masing-masing.

Ada orang yang mungkin cepat bisa lancar karena memang IQ-nya superior.

Ada orang yang lambat mengerti.

Ada yang baru belajar serius gara-gara bahasa Inggris itu salah satu mata pelajaran yang diujikan waktu Ujian Nasional.

Ada yang udah bisa dari kecil karena disekolahkan di sekolah bilingual.

Nggak perlu mikir hal yang seharusnya nggak worth it untuk dijadikan beban pikiran! Pikirkan hal-hal yang bisa kamu kontrol aja!

Misalnya, kalau kamu merasa tipe orang yang agak lambat dalam memahami sesuatu ya berusahalah supaya tetap bertekun. Karena sejatinya, orang yang sukses belum tentu orang yang pintar dan ber-IQ tinggi. Tapi, orang yang sukses PASTI adalah orang yang tetap tekun dan pantang menyerah.

Kuncinya adalah cuek aja waktu kamu salah ngomong. Cuek aja baru bisa waktu kuliah. Cuek aja dibilang medok, nggak cocok. Apapun itu, tetap belajar, belajar, dan belajar! Percaya deh, mungkin 3 tahun lagi mereka yang mengejekmu akan terkesima akan hasil belajarmu!

Belajar bahasa (tidak terkecuali bahasa Inggris) adalah lifelong learning. Artinya, pembelajaran seumur hidup. Kalau kamu sudah bisa pun jangan berhenti sampai di situ. Tetap kembangkan kemampuan kamu karena ilmu akan terus berkembang. Keep exploring!

Coba kita lihat para penulis. Mereka bisa lancar menulis karena terus berlatih. Mereka bisa makin baik dalam menulis karena terus mengembangkan kosakata.

Belajar sesuatu nggak pernah ada yang sia-sia kok. Pasti ada manfaatnya. Kita belajar 10 lebih mata pelajaran dari SD sampai SMA tapi waktu kuliah cuma fokus di satu bidang. Terus sisanya sia-sia? Nggak ‘kan.

Jadi, belajar bahasa Inggris memang butuh waktu yang lama. Tapi pasti kita akan dapat manfaat yang tidak bisa didapatkan orang lain yang cuma belajar untuk short-term goals seperti lulus ujian nasional atau dapat skor TOEFL lebih dari 550. Pasti ada perbedaan.

We do not have to envy others or feel inferior to them. Instead, we ought to express our uniqueness by keep going, keep practicing, and keep exploring.

Hayo, apa artinya?

Kita nggak boleh iri hati pada orang lain ataupun merasa minder. Sebaliknya, ekspresikan keunikan kita dengan tetap berjuang, berlatih, dan mengembangkan diri.

  1. Tapi, Belajar Bahasa Inggris Itu Worth It Banget!

Buat kamu yang masih malas belajar bahasa Inggris, coba dipikir ulang! Memang, kita sebagai orang Indonesia harus cinta bahasa Indonesia. Tapi bisa bahasa Inggris bukan berarti nggak cinta bahasa Indonesia, lho!

Coba kita lihat artis-artis papan atas Indonesia yang udah go international. Selain membuat mereka bisa komunikasi dengan para bule dan sekolah di luar negeri, dengan lancar berbahasa Inggris mereka bisa mengenalkan Indonesia pada dunia luar. Sehingga Indonesia makin dikenal!

Ada nilai tambahnya kan? Jadi, mulai sekarang coba jangan menghujat mereka yang sudah lancar bahasa Inggris dengan sebutan ‘nggak cinta negeri sendiri’ ya.

Nah, selain itu, dengan bisa bahasa Inggris dijamin kepercayaan dirimu meroket tinggi (tapi ingat, jangan jadi sombong). Waktu ketemu bule di tempat wisata kamu bisa unjuk kemampuanmu dan pastinya banyak orang yang menganggap kamu ‘Wah hebat ya!’ tapi sekali lagi, nggak boleh sombong!

Kamu juga bisa jadikan kemampuan bahasa Inggrismu untuk menunjang CV. Kalau di CV tertulis: level of fluency C1, apa kamu nggak bangga?

Belum lagi, kamu bakal sering dimintai tolong sama teman-teman kamu atau bahkan guru dan dosen kamu kalau ada hal-hal yang berbau bahasa Inggris. Keren kan? Keren lagi kalau jadi asisten dosen! Duh, siapa sih yang nggak mau!

  1. Karena, Lancar Bahasa Inggris = Membuka Peluang

Jelas banget! Kebanyakan orang yang bisa bahasa Inggris itu SUKSES!

Coba kita pikir. Misalkan ada seorang blogger yang menulis dalam bahasa Indonesia. Mungkin dia akan terkenal di negeri kita tercinta. Tapi, pembacanya juga pasti cuma mereka yang bisa bahasa Indonesia kan? Artinya,  jumlah pembacanya adalah tidak lebih dari total jumlah seluruh penduduk di Indonesia.

Tapi, coba bedakan dengan seorang blogger yang menulis artikel dalam bahasa Inggris. Otomatis, setiap orang yang mencari info tertentu, lalu menemukan blognya, akan bisa mengerti apa yang dia tulis. Mau si pencari info ini orang dari negeri manapun asal bisa bahasa Inggris, pasti bisa paham.

Nah, dilihat dari itu saja bisa kita simpulkan bahwa orang yang bisa bahasa Inggris akan membuka peluang lebih besar karena bisa menjangkau lebih luas!

  1. Jadi Bisa Punya Teman Mancanegara dan Ikut Konferensi Internasional

Siapa sih yang nggak mau hadir dalam konferensi internasional, punya teman dari berbagai negara, bahkan mungkin bisa jadi duta besar sebuah event internasional. Seru kan?

Nah, modal utama yang kamu butuhkan ya bisa bahasa Inggris! Kamu bakal bisa komunikasi lancar dua arah dengan mereka. Kamu bisa memperluas jaringan pertemanan. Kamu juga bisa dapat ilmu baru dan lebih maju yang nggak bisa didapatkan di sini. Sekaligus, kamu bisa belajar langsung dari mereka. Mau nolak? Duh, buang kesempatan banget, lho!

  1. Kesempatan Dapat Scholarship Juga Makin Terbuka Lebar

Bagi kamu yang punya keinginan untuk sekolah di luar negeri kesempatan kamu makin terbuka lebar. Hampir semua pemberi beasiswa memberi syarat bagi pelamarnya untuk bisa menulis esai dalam bahasa Inggris. Belum lagi kalau kamu ingin ke negara yang bahasa nasionalnya adalah bahasa Inggris, mau komunikasi dengan bahasa isyarat? Nggak mau kan kehilangan kesempatan cuma gara-gara nggak bisa bahasa Inggris?

Lagipula, dengan bisa bahasa Inggris kamu bisa dapat info lebih banyak. Bukan cuma dapat info dari akun-akun LINE atau website pencari beasiswa yang berbahasa Indonesia. Bahkan, kalau informasinya kurang  jelas, kamu bisa langsung menghubungi contact person dan dapat informasi langsung dari si pemberi beasiswa. Jadi, dapat meminimalisir kemungkinan salah informasi.

Nah, tunggu apa lagi? Masih malas belajar bahasa Inggris?

Duh, buang kesempatan banyak banget lho! Lihat tuh, cuma ada 1 hal yang perlu kamu lakukan: TERUS BELAJAR. Tapi, keuntungan yang kamu dapat udah 5. Itu pun masih banyak yang lain lagi.

Pokoknya nggak ada ruginya deh belajar bahasa Inggris!

 

 

Please follow and like us:
Blog Attachment

Leave us a Comment