'

Begini Nih Cara Untuk Melatih Pronunciation Kamu dalam Bahasa Inggris

Mengucapkan pelafalan kata dalam bahasa inggris atau yang sering disebut Pronunciation merupakan salah satu hambatan dalam belajar berbicara bahasa inggris, tidak jarang juga membuat kamu jadi kurang percaya diri untuk ngomong bahasa inggris.

Memang untuk skill yang satu ini, membutuhkan proses yang cukup sulit, karena biasanya proses belajar kamu cukup pada level bisa merespon dengan menggunakan bahasa inggris. padahal masih ada proses selanjutnya yang harus dilakukan. Hal ini sering terjadi karena pada saat kamu belajar bahasa inggris, sangat minim keterlibatan Native Speakers. Oleh karena itu, untuk urusan pronunciation dalam pelafalan kata bahasa inggris tidak terlalu dipikirkan. Sebenarnya, hal ini sangat berpengaruh lho!

Accent dalam bahasa inggris memang berbeda-beda, khususnya untuk American Accent dan British Accent. Kedua aksen tersebut sangat berbeda sekali, baik dari segi pelafalan maupun dari hal lainnya seperti Grammar, Vocabulary dan lain sebagainya. Apalagi, kalau berkaitan dengan pronunciation, pasti kamu akan mengetahui langsung perbedaan kedua aksen tersebut. oleh karena itu, pelafalan atau pronunciation juga perlu dipelajari. Berikut hal-hal yang mungkin bisa jadi referensi kamu untuk bisa mempelajari pronunciation secara alami.

  1. Mencoba meniru cara bicara Native Speaker

Bagi kamu yang sudah bisa melakukan percakapan aktif berbahasa inggris, lebih baik kamu mencoba memperhatikan kembali pelafalan atau pronunciation dari tiap-tiap kata yang kamu ucapkan, karena bisa jadi masih banyak kekeliruan dalam mengucapkan suatu kata dalam bahasa inggris.

Alangkah baiknya apabila kamu mencoba meniru cara orang bule atau native speakers melakukan percakapan dalam bahasa inggris. selain bahasa inggris kamu akan menjadi lebih sempurna, ternyata hal ini juga bisa memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan native nya langsung lho, karena telinga kamu sudah terbiasa mendengar cara mereka berbicara. Sehingga gaya bahasa ataupun intonasi yang mereka ucapkan menjadi mudah untuk dipahami.

  1. Menggunakan “Voice Translator

Kalau kamu memang kesulitan untuk meniru si Native speakers, kamu bisa koq, menggunakan alat bantu Voice Translator karena kecanggihan teknologi sekarang ini sangat membantu sekali buat kamu yang sedang belajar bahasa inggris.

Caranya, kamu hanya mengetik kata atau kalimat yang kamu perlukan kemudian hanya dengan menekan tombol Voice atau suara pada program aplikasi tersebut, kamu sudah bisa mendengar cara pelafalan suatu kata atau kalimat.

Hal ini sangat mudah dilakukan, karena di zaman sekarang ini fasilitas internet bisa kamu jumpai dimana-mana. Jadi tidak ada alasan lagi kamu tidak bisa mempelajari pelafalan atau pronunciation bahasa inggris. selamat mencoba.

  1. Sering Mendengarkan Percakapan Langsung melalui Internet

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, kamu bisa dengan mudah mencari lokasi yang memiliki koneksi internet dan tidak jarang di beberapa lokasi memberikan fasilitas internet gratis yang disebut wifi seperti mall, restoran, kampus, kantor bahkan ditempat umum seperti halte dan lain sebagainya.

Nah, setelah kamu bisa mengakses internet, kamu bisa langsung memhubungkan ke situs-situs yang memfasilitasi cara mempelajari Pronunciation, misalnya pada situs youtube atau pun situs resmi lainnya yang bisa kamu cari di Google search engine.

Jadi, bukan hanya lagu atau game saja yang bisa kamu lakukan pada gadget kamu, cobalah untuk melakukan pembelajaran atau melakukan interaksi langsung dengan native melalui sosial media yang kamu miliki sesering mungkin. Hal itu tidak hanya memberikan pengetahuan yang kamu butuhkan tapi juga pengalaman menarik lainnya ketimbang hanya mendengarkan lagu ataupun memainkan game kesayangan kamu.

  1. Berinteraksi langsung dengan Native Speaker

Cara ini memang agak sulit dilakukan, karena jika kamu tidak memiliki relasi dengan Native Speakers berarti kamu harus sering-sering berkunjung ke tempat-tempat dimana kamu bisa menemukan native speakers. Tapi apa salahnya dicoba, kamu bisa mulai mencari bule ke tempat wisata, sambil menghabiskan waktu liburan kamu di akhir pecan. Menyenangkan bukan?

Tidak ada kata sulit bagi kamu yang masih punya kemauan untuk belajar. Mencoba berarti kamu telah mengambil langkah untuk menuju sukses. Good pronunciation is the best way you can do to speak.

Please follow and like us:
Blog Attachment

Leave us a Comment