7 Istilah Yang Ada Di Kampung Inggris | Kampung Inggris Pare

7 Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Datang ke Kampung Inggris

7 Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Datang ke Kampung Inggris

Ketika baru datang di Kampung Inggris, telingamu akan mendengar istilah-istilah asing yang mungkin nggak biasa kamu dengar sebelumnya. Oleh karena itu, penting buat kamu mencari info sebanyak-banyaknya tentang kehidupan di Pare agar nantinya nggak bingung dan mudah menyesuaikan diri. Kamu akan menemui banyak hal yang terbilang baru meskipun hanya sebuah panggilan sehari-hari. Untuk itu, hadirnya artikel ini akan memberikan sedikit informasi tentang istilah-istilah umum di Kampung Inggris yang wajib kamu ketahui agar nantinya nggak bingung setiba di sana.

  1. Bukannya Dipanggil Siswa atau Murid, MEMBER Adalah Sebutan Umum Pelajar di Kampung Inggris

Member yang dalam bahasa Inggris berarti anggota menjadi multi makna di Kampung Inggris. Siswa-siswa di sana umumnya disebut member. Sebutan ini juga berlaku untuk penyebutan anak-anak asrama atau pelajar lembaga kursus tertentu. Jadi, jangan bingung kalau nanti ada yang nanyain, “kamu member mana?” Bilang saja, “aku member Global English,” gitu. Pengajar-pengajar di Kampung Inggris pun nggak terbiasa menyebut siswanya dengan murid, melainkan member juga. Udah nggak bingung kan?

  1. Di Kampung Inggris Nggak Ada Istilah Bapak atau Ibu Guru, Orang-Orang Hebat Ini Biasa Dipanggil TUTOR

Kalau kamu udah cukup lama tinggal di Kampung Inggris, sebutan Bapak atau Ibu guru mungkin justru terdengar janggal. Meskipun artinya sama-sama pengajar, tutor menjadi panggilan yang lebih familiar di sana. Sebagai pengganti bapak atau ibu, mereka biasa dipanggil dengan Mr. atau Miss yang diikuti nama tutor tersebut. Saking lamanya tinggal di Kampung Inggris, terkadang ada anak-anak Pare yang masih terbiasa memanggil orang lain dengan awalan Mr. atau Miss meskipun sudah kembali ke daerah asal. Pasti orang rumah jadi bingung ya, hehe.

  1. Di tempat Lain, Tempat Tinggal Siswa yang Sedang Belajar Itu Namanya Asrama, Di Kampung Inggris Kami Menyebutnya CAMP

Bukannya asrama, anak-anak Kampung Inggris telah terbiasa menyebut tempat tinggal mereka camp. Sedari awal, lembaga kursus maupun pemilik asrama telah membiasakan sebutan ini pada siswa-siswa yang baru datang di sana. Makanya kamu sering nemuin nama tempat-tempat itu yang diakhiri dengan istilah camp, seperti Alaska Camp, Meteora Camp, Saigon Camp dan sebagainya. Jadi, udah nggak bingung kan ketika ada yang nanyain dimana camp kamu?

  1. Selanjutnya, PERIODE Itu Istilah untuk Masa Belajar Selama di Kampung Inggris

Perlu kamu tahu, waktu-waktu belajar di Kampung Inggris itu dimulai setiap periode tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Selain untuk menandai kapan kamu mulai belajar di sana, periode juga digunakan untuk mengukur lamanya belajar, semisal periode pertama atau kedua. Lama durasi periode di Kampung Inggris sekitar 10 hari atau dua minggu. Bagi lembaga yang menerapkan durasi belajar dua mingguan, setiap bulan jadinya ada 2 periode (10 dan 25). Paham kan?

  1. Nah, Kalau Kelas-Kelas Umum yang Biasa Diambil Oleh Pelajar Kampung Inggris Dinamakan PROGRAM REGULER

Kalau kamu datang sendirian ke Kampung Inggris dan mendaftar program di salah satu lembaga kursus di sana itu namanya kamu sedang mengambil program reguler. Kecuali saat liburan tiba, kamu dan teman-temanmu datang bersama-sama dengan dikoordinir pihak sekolah itu disebut dengan program holiday. Singkatnya, program reguler itu tidak ada pihak-pihak yang mengkoordinir dan sifatnya lebih bebas dan tidak terikat. Sebagai member reguler kamu juga bebas memilih camp mana yang ingin kamu tinggali.

  1. Beberapa Lembaga Kampung Inggris Menerapkan Tes Kemampuan yang Biasa Disebut dengan PLACEMENT TEST

Global English (GE) merupakan salah satu lembaga kursus yang menerapkan sistem placement test bagi member baru yang ingin belajar di sana. Cara ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan tiap-tiap calon siswa yang nantinya akan ditempatkan di kelas sesuai dengan level yang mereka kuasai. Misalnya untuk mengetahui kemampuan speaking kamu, seorang tutor hanya perlu melakukan percakapan bahasa Inggris singkat denganmu. Setelah itu, ia akan merekomendasikan kelas mana yang cocok untukmu, apakah Speaking 1, 2, 3, 4 dan seterusnya. Meskipun namanya tes, jangan tegang ya? Palingan ngobrol-ngobrol santai saja kok.

  1. Mungkin di Tempat Lain Namanya Simulation Test, Di Kampung Inggris Telinga Kami Lebih Familiar denga Istilah SCORING

Scoring atau tes simulasi umum dipakai oleh kelas-kelas TOEFL atau IELTS di Kampung Inggris. Ketika seorang member sudah menyelesaikan preparation program mereka, alangkah baiknya mengambil kelas Scoring untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti official test. Bentuk kegiatannya ya tak jauh-jauh dari mengerjakan soal dan pembahasan dengan bobot materi yang menyerupai tes resmi. Durasi waktu dan cara pengerjaan pun disesuaikan agar kamu nantinya terbiasa saat mengikuti tes tersebut.

Sudah tahu kan kata asing apa saja yang akan kamu dengar setiba di Kampung Inggris? Nanti kamu juga bakal terbiasa kok. Anyway, apakah kamu pernah mendengar istilah lainnya selain 7 kata di atas? Share di kolom komentar yaa…

Please follow and like us:

Leave us a Comment