7 Cara Mudah Speaking Bahasa Inggris

0
1042

Teman-teman semua pasti sudah mengetahui bukan bahwa minat masyarakat yang ingin fasih berbahasa Inggris semakin besar. Ini bisa dilihat dari semakin banyaknya para pelajar yang ingin mempelajari bahasa Inggris seiring dengan semakin menjamurnya berbagai lembaga kursus di seluruh Indonesia. Apakah kalian salah satu dari pelajar tersebut?

Tentu banyak orang ingin fasih berbahasa Inggris dengan berbagai alasan di era globalisasi sekarang ini. Namun, apakah teman-teman sering merasa kesulitan dalam meningkatkan kemampuanspeakingbahasa Inggris untuk mewujudkan tujuan kalian? Misalnya sudah belajar cukup lama tetapi belum mendapat hasil yang memuaskan. Apalagi ketika bertemu orang asing, terkadang masih ada perasaan ragu untuk sekedar mengajak ngobrol-ngobrol santai. Hal itu bisa jadi dikarenakan teman-teman belum mempunyai metode yang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuanspeaking bahasa Inggris kalian. Untuk itu,tulisan ini akan memberikan beberapa cara asyik untuk teman-teman agar bisa lancar speaking bahasa Inggris. Yuk simak tips-tips dibawah ini:

  1. Berbicara Pada Diri Sendiri

Terkesan cukup aneh ya? Masa iya, kita berbicara pada diri sendiri. Tapi sebanarnya teman-teman, cara ini cukup baik untuk melatih kemampuan bahasa Inggris kalian dimanapun dan kapanpun, khususnya disaat kalian sendiri. Coba saja kalian berbicara pada diri sendiri mengungkapkan apapun yang kalian pikirkan dalam bahasa Inggris. Misalnya ketika kalian merasa sedih, cobalah kalian ungkapkan perasaan kalian tersebut dalam bahasa Inggris. Kalian bisa juga melakukan percakapan dengan diri kalian sendiri. Jika ini menjadi kebiasaan, kemampuan bahasa Inggris kalian bisa terus meningkat setiap harinya.

  1. Meniru Percakapan-Percakapan Bahasa Inggris

Cara ini sangat efektif jika teman-teman ingin meningkatkan kemampuanpronunciation maupun english accent kalian. Pertama-tama, kalian harus menjadi pendengar yang baik. Cobalah tonton percakapan bahasa Inggris dari youtubeataupun film-film barat yang kalian sukai.Lalu,tirulah setiap percakapan yang ada di film tersebut berulang-kali. Usahakan teman-temanmeniru sepersis mungkin percakapan-percakapantersebut. Jika sudah terbiasa, kalian bisa dengan mudah menyadari dan memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil yang sering kita lakukan.

  1. Bersiaplah untuk Membuat Malu Dirimu Sendiri

Jika kalian melakukan beberapa kebiasaan diatas, pasti ada beberapa teman-teman disekitar kalian yang merasa aneh dengan kelakuan kalian. Bahkan terkadang ada yang sampai mengejek kalian. Tidak perlu resah, justru disinilah tantangannya dalam belajar. Dalam belajar speaking, kalian terkadang harus melebih-lebihkan diri sendiri, atau istilah kerennya: Lebay. Sebab, bahasa Inggris bagi orang Indonesia, khususnya yang masih awam memang terdengar aneh. Untuk itu kalian harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi.

  1. Temukan Partner untuk Latihan Rutin

Pasti kebanyakanteman-teman akan lebih percaya diri jika berbicara dengan teman dekat daripada orang lain, bukan? Bersama kawan dekat atau partner, kalian tidak akan canggung untuk saling berkomunikasi dan mengkritik satu sama lain. Bahkan kalian juga bisa bercakap-cakap dimanapun dan kapanpun ketika bertemu, sehingga akan menjaga intensitas speaking bahasa Inggris kalian. Oleh sebab itu, teman-teman penting mempunyai partner yang punya semangat dan motivasi yang sama untuk mengembangkan speaking bahasa Inggris.

Baca Juga: Rumus 16 Tenses Lengkap dengan Contohnya

  1. Rekam dan Mendengarkan Suara Sendiri

Biasakanlah untuk membuat rekaman dari beberapa kalimat yang teman-teman ucapkan. Setelah itu kalian harus mendengarkan kembali rekaman tersebut untuk mengevaluasi kesalahan dan kekurangan yang teman-teman lakukan sebelumnya. Bisa dari intonasi, kecepatan,kelancaran, dan lain-lain.  Dengan demikian, teman-teman akan menyadari bagianmana dari speakingkalian yang harus diperbaiki. Misalnya harus memperbanyak kosakata, memperbaiki cara pengucapan, maupun ketenangan dalam berbicara.

  1. Bergabunglah Dengan Komunitas Bahasa Inggris

Semakin baik lingkungan belajar maka akan membentuk intensitas berpikir kita loh teman-teman. Untuk itulah bergabung dengan komunitas bahasa Inggris sangat diperlukan. Disini kalian dapat menemukan banyak partner yang dapat diajak berbahasa Inggris maupun ilmu dan pengalaman lainnya. Kepercayaan diri kalian juga akan terlatih untuk berbicara bahasa Inggris di depan banyak orang. Akan lebih baik jika kalian bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris untuk mendapatkan mekanisme pembelajaran yang lebih intensif.

  1. Investasi untuk Pergi Keluar Negeri

Jika kalian ingin mengembangkan speaking bahasa Inggris kalian lebih jauh lagi. Mau tidak mau kalian harus merasakan langsung bagaimana lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. Tidak ada jalan lain bagi kalian selain menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi pada lingkungan tersebut. Makanya ada baiknya mulai sekarang teman-teman bisa berinvestasi untuk pergi keluar negeri. Ada banyak jalan untuk bisa keluar negeri tanpa mengeluarkan banyak biaya, seperti mengikuti event-event internasional dari sekolah atau kampusmu, mengikuti program pertukaran pelajar, mendapatkan beasiswa kuliah keluar negeri, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips yang bisa teman-teman terapkan untuk melancarkan speaking kalian. Ingatlah teman-teman, lamanya belajar bahasa Inggris tidak menjadi jaminan kalian bisa lancar speaking bahasa Inggris, tetapi intensitas belajar teman-temanlah yang sangat menentukan. So, jangan pernah menyerah, tetaplah konsisten dalam belajar. (Akw/GE)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here