Kuasai Pertanyaan TOEFL Reading | Kampung Inggris Pare

6 Tipe Pertanyaan TOEFL Reading yang Harus Kamu Kuasai

Reading test telah menjadi salah satu momok bagi kamu yang nggak punya kebiasaan membaca teks berbahasa Inggris. Terlebih sebentar lagi kamu harus menjangkau targetmu untuk melakukan official test TOEFL ITP buat persyaratan mendaftar beasiswa atau melamar pekerjaan. Sekian banyak bacaan kerap membuatmu merasa pening duluan meskipun ini bukan pertama kali kamu melakukan latihan. Jangan berkecil hati, gunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk ‘berdamai’ dengan reading. Ngomong-ngomong sudah pernah datang ke Kampung Inggris untuk mendaftar program reading for TOEFL?

Kalau belum, buatlah jadwal untuk belajar TOEFL di Kampung Inggris. Di sana kamu akan mendapat banyak tips dan trik mengerjakan soal-soal TOEFL secara akurat dan terpercaya. Untuk reading section, satu hal yang terpenting yakni kamu harus mengerti terlebih dahulu jenis-jenis soal yang biasa keluar pada TOEFL Reading. Apa saja itu? Pahami dulu baik-baik penjelasan di bawah ini ya?

  1. Kamu harus tahu, MAIN IDEA QUESTION biasanya menjadi pertanyaan wajib Reading Comprehension

Seorang tutor Kampung Inggris pernah menjelaskan kalau tipe pertanyaan berjenis main idea selalu muncul dalam official test TOEFL. Biasanya soal ini berada di awal tiap paket bacaan. Contoh pertanyaan seperti What is the best title/main idea/main topic/ primarily concerned/ mainly discussed of the passage?  Cara mengerjakannya, bacalah satu kalimat awal tiap paragraf yang ada dalam bacaan. Temukan satu kata yang selalu muncul dalam kalimat-kalimat tersebut di tiap bagian bacaan dan gunakan kata itu sebagai kata kunci jawaban. Kamu dan temanmu di Kampung Inggris bisa saling mengecek jawaban masing-masing setelah soal selesai dikerjakan.

  1. Meskipun Jawaban Sudah Pasti, Cara Mengerjakan SCANNING FOR DETAIL harus Kamu Kuasai Agar Nggak Ngehabisin Banyak Waktu

Tipe pertanyaan kedua yang kerap muncul yakni berupa pertanyaan spesifik yang memerlukan jawaban spesifik juga. Biasanya bentuk soal terdiri dari when, where, who, dan sejenisnya. Lalu, bagaimana cara mengerjakannya biar lebih efisien? Diambil dari materi Reading for TOEFL Kampung Inggris, pertama kali hal yang harus kamu lakukan yakni mencari kata kunci dari soal yang ada. Lakukan scanning kata kunci tersebut ke dalam bacaan. Setelah itu, bacalah satu kalimat dimana keyword tersebut berada dan maknai baik-baik. Kemungkinan jawaban berada dalam kalimat itu. Kata kunci bisa berupa angka, tanggal, bulan, huruf kapital, huruf italic atau benda utama dalam soal. “Hati-hati terhadap sinonim dan perbanyaklah kosa kata akademik bahasa Inggris,” jelas salah seorang tutor Kampung Inggris.

  1. Kalau Kamu Nggak Paham Banyak Kosa Kata Akademik, Kamu Bisa Kesulitan Mengerjakan Tipe VOCABULARY IN CONTEXT

Jenis pertanyaan ini biasanya banyak dikeluhkan oleh member Kampung Inggris saat mereka latihan mengerjakan TOEFL Reading. Kamu jangan berkecil hati terlebih dahulu meskipun nggak tahu makna kosakata yang dimaksud. Bentuk pertanyaan biasanya begini, the word X in line Y refers to? Caranya, cari kata X dalam bacaan. Setelah ketemu, baca kata-kata sebelum dan sesudah X. Maknai rangkaian kata tersebut sebagai alat bantu mengidentifikasi kata X. Terakhir, cocokkan dengan jawaban yang ada. Untuk mengidentifikasi kata, kamu bisa menggunakan bantuan imbuhan (in,im,ir,il,un,dis), tanda baca (koma, garis miring, dsb) dan jenis kata yang dimaksud. Untuk mendalaminya, di Kampung Inggris terdapat program Vocabulary for TOEFL yang dapat kamu ambil sebagai pendukung belajarmu dalam mengerjakan reading section.

  1. Jangan Lupa, IDENTIFYING REFERENCES Juga Jenis Pertanyaan yang Kerap Nangkring di Paket Bacaan TOEFL

Pertanyaan jenis identifying references pun kerap menjebak para siswa Kampung Inggris ketika latihan reading. Ciri pertanyaannya seperti the word X (this, that, these, those, it, they) in line Y refers to? Kalau kamu nggak cermat, bisa-bisa salah ngerujuk kata ganti yang dimaksud. Pertama, carilah kata X di dalam bacaan. Setelah ketemu, baca dan maknai baik-baik rangkaian kata setelah kata X. Datalah semua kata benda sebelum kata X. Terakhir, identifikasi kata benda mana yang bisa digantikan dengan kata X. Yang pasti, kata ganti harus sesuai jamak atau tunggalnya (it, that, this, they, these, those). Jika belum paham juga, kamu bisa lho tanya tutor grammar di Kampung Inggris mengenai ini.

  1. Tipe MAKING EXCEPTION akan Banyak Menghabiskan Waktu Jika Kamu Nggak Tahu Strategi Mengerjakannya

Mau tahu seperti apa jenis pertanyaan making exception di reading comprehension? Contohnya, the following statements about are true EXCEPT? Sayangnya, masih banyak siswa Kampung Inggris mengalami kesalahan ketika menjawab soal jenis ini. Biar nggak ngabisin banyak waktu, kamu harus tahu strategi mengerjakannya. Caranya, bacalah semua pilihan jawaban yang ada lalu temukan keyword dari tiap pilihan jawaban tersebut. Selanjutnya, scan kata kunci dalam bacaan yang biasanya berada dalam satu paragraf. Terakhir, cocokkanlah dengan pilihan jawaban yang ada. Jika masih kesulitan, kamu bisa sharing dengan teman asramamu di Kampung Inggris.

  1. Jika Kamu Nggak Paham Inti Keseluruhan Bacaan, MAKING INFERENCES Bisa Membuatmu Bingung dalam Memilih Jawaban

Model soal terakhir yang wajib kamu ketahui ialah making inferences dengan ciri pertanyaan what can be inferred/ implied/concluded from the passage? Seorang tutor TOEFL Kampung Inggris mencoba menjelaskan langkah mengerjakan tipe ini. Seperti biasanya, tentukanlah kata kunci dari soal lalu scan ke dalam bacaan. Setelah ketemu, bacalah satu kalimat penuh dimana kata kunci itu berada. Selanjutnya, maknailah dengan seksama kalimat tersebut karena jawaban biasanya tersirat.

Dari uraian penjelasan, bisakah kamu membuat kesimpulan? Ya, TOEFL Reading pun mempunyai pola-pola tersendiri yang harus kamu kuasai agar bisa mengerjakan dengan maksimal. Selain itu, hampir semua pertanyaan terdapat keyword yang dapat membantumu menyelesaikan setiap soal. Usai membaca uraian di atas semoga score reading-mu semakin meningkat ya. Apalagi setelah kamu belajar TOEFL  di Kampung Inggris. Semangat!

Please follow and like us:

Leave us a Comment