Punishment Ini Justru Bikin Kangen | Kampung Inggris Pare

6 Punishment Ini Justru Bikin Kamu Kangen Datang Lagi ke Kampung Inggris

6 Punishment Ini Justru Bikin Kamu Kangen Datang Lagi ke Kampung Inggris

Mungkin sebagian besar pelajar Kampung Inggris pernah mendapatkan punishment  selama tinggal di sana, terutama anak-anak asrama. Entah itu keceplosan ngomong bahasa Indonesia, terlambat mengikuti program atau bolos ngerjain piket. Yang paling banyak sih biasanya ngomong bahasa, apalagi new comer yang baru belajar di Kampung Inggris. Namanya juga punishment, diterapin biar pelakunya nggak ngulangin kesalahan lagi. Bahkan ada beberapa jenis punishment yang justru makin ningkatin kemampuan bahasa Inggris kamu lho. Apa saja itu?

  1. Cuma di Kampung Inggris Kamu Bisa Ngerasain Sensasi SPEECH DI PINGGIR JALAN RAYA

Bukan kebetulan kamu nemuin pelajar Kampung Inggris berpidato di pinggir jalan raya atau tempat umum lainnya. Kalau nggak dapet tugas speaking, kemungkinan besar ya mereka lagi kena  punishment . Tema dan durasi minimum pidato biasanya sudah ditentukan oleh peraturan camp. So, lebih baik kamu persiapan matang dulu sebelum tampil di depan umum. Anggap saja kamu mau ngikutin lomba pidato. Toh, nantinya hukuman ini akan membuat speaking kamu makin lancar, makin pede pula!

  1. Hei! Jangan Sekali-Kali Ngomong Bahasa Indonesia Kalau Nggak Mau KENA DENDA!

Yap! Ini telah menjadi peraturan umum dan hampir semua camp di Kampung Inggris menerapkan denda pada member yang ketahuan ngomong bahasa Indonesia. Untuk ketentuannya sih macem-macem. Mulai dari lima ratus hingga seribu rupiah per kata hingga menggunakan hitungan persen tiap minggunya. Kalau kamu ketahuan sering ngelanggar ini, siap-siap aja kamu mendapat punishment speech di tempat umum atau ‘kejutan’ lainnya. Yah, semua ini dilakukan demi kamu juga kok, guys. Kalau kamu ngebiasain ngomong bahasa Inggris, lama kelamaan kamu bakalan jago. Bukankah itu salah satu tujuan kamu dateng ke Kampung Inggris?

  1. Punishment NGEHAFALIN VOCAB Justru Bikin Kamu Tambah Pinter Lho

Ada juga tutor yang nerapin setoran hafalan vocab di kelasnya. Biasanya sih yang nerapin punishment ini kelas  Vocabulary Kampung Inggris. Kesepakatan ini akan dibuat oleh tutor pada pertemuan pertama dan menyampaikan berapa vocab yang harus kalian berikan jika terlambat setiap menitnya, misalnya, satu menit setor 3 hingga 5 kosakata. Bisa hitung sendiri kan berapa yang harus kamu berikan jika terlambat 10 menit? Maksudnya, peraturan ini dibuat agar kamu nggak terlambat lagi dan lebih disiplin. Hal positifnya, hafalan vocab kamu bakal meningkat. Meskipun begitu, jangan dibiasain terlambat ya?

  1. Deg-Degan Itu Ya Saat PERTUKARAN PELAJAR ANTAR CAMP untuk Memberikan Speech

Kalau poin kesalahanmu sudah menumpuk, siap-siap aja deh kamu dikirim tutormu ke camp lain untuk speech. Anak cewek bakal dateng ke camp cowok, begitu juga sebaliknya. Kamu akan dikirim pada waktu anak-anak asrama Kampung Inggris sedang ada program malam. Dengan begitu aksimu akan disaksikan banyak orang. Kalau udah begini, persiapan mental adalah yang paling penting. Tapi ada pula anak-anak yang ngerasa enjoy kena hukuman ini. Bahkan ada yang sengaja minta buat nguji kemampuan public speaking mereka. Wah, boleh juga tuh.

  1. Kalau Kesalahanmu Udah Parah, Mungkin Kamu Bakal Disuruh BERBURU TUTOR Buat Ngevaluasi Speaking Kamu

Ada juga camp yang nerapin model punishment seperti ini. Setelah poin kamu dihitung dan menunjukkan jumlah tertentu, hukumannya yakni mencari tutor-tutor lembaga tempat kamu belajar untuk memberikan penilaian atas kemampuan speaking yang kamu miliki. Untuk itu, kamu harus menunjukkan kebolehanmu berpidato di depan mereka dulu. Hasilnya pun harus kamu laporkan pada tutor asrama yang mendampingimu. Begitulah Kampung Inggris, tiada hari tanpa punishment. Betul nggak?

  1. Hayoo! Siapa yang Suka Terlambat Masuk Kelas? Bisa-Bisa Kamu Disuruh BAWA CAMILAN Buat Anak Sekelas

Sebenarnya sih punishment ini dibuat buat seru-seruan disamping memang untuk menegakkan disiplin di kelas. Biasanya kan kelas pagi di Kampung Inggris banyak yang datang terlambat dengan alasan antri mandi atau mampir sarapan dulu. Padahal ada teman-temannya yang juga belum sarapan tapi rela datang awal ke kelas agar nggak terlambat. Biar sama-sama ngerasain kenyang, maka dari itu yang terlambat dan udah makan tadi diharuskan membawa camilan atau makanan buat teman sekelas. Kalau tiap hari ada yang terlambat lumayan lah. Hehe

Meskipun namanya punishment, tapi tak jarang banyak member Kampung Inggris justru menikmati hukuman ini dan menganggapnya seru. Bahkan ada di antara mereka yang sengaja ngelakuin kesalahan biar kena hukuman. Ada-ada saja ya mereka. Yang penting tetap semangat deh buat kalian!

Please follow and like us:

Leave us a Comment