4 skill yang diukur pada test IELTS

0
185
test ielts
Hand with pen over application form

Sekarang mimin mau menjelaskan lebih lanjut mengenai tiap skill yang akan diuji saat tes IELTS nanti. Semoga hal ini dapat memberi gambaran konkret ke teman-teman mengenai tes ini.

Pertama Listening skill, ujian mendengarkan percakapan atau pembicaraan dalam bahasa Inggris full, lamanya tes ini adalah 30 menit ditambah waktu memindahkan jawaban ke lembar jawab 10 menit, jadi totalnya 40 menit untuk 40 soal.

Ada empat section dalam Listening tes ini dimana tiap sesinya berisi dialog atau monolog dengan  topik yang berbeda pula. Section pertama, akan ada pembicaraan mengenai sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari seperti nama, umur, hobi dan aktivitas. Nah, untuk section satu ini  terdapat 10 pertanyaan berdasarkan dari dialog antara dua orang. Masuk pada section 2 terdapat seorang pembicara yang mencoba menjelaskan mengenai pekerjaan atau topik lainnya, IELTS taker juga akan menjawab 10 pertanyaan pada section ini.

Untuk di Listening section 3 dan 4, semua topik tidak lagi sama seperti pada section sebelumnya. Dialog disini lebih formal dan mengarah pada hal pendidikan dan taining-training. Contoh, di section 3-nya dua orang  pria akan berdiskusi mengenai pendidikan, anda akan diminta untuk menjawab 10 pertanyaan mengeani bahasan mereka. Masuk ke section 4 juga sama, bedanya adalah seorang pria/wanita nantinya akan melakukan monolog tanpa jeda, jadi para IELTS taker mesti mampu menyeimbangi antara mendengar dan memperhatikan, kalau tidak, anda akan gagal mengisi beberapa jawaban pada soal-soal tertentu.

Kedua Reading Skill, berbeda dengan listening, reading passage  yang hanya memiliki tiga artikel saja, tapi untuk jumlah kata secara keseluruhan mencapai 2150-2170 kata. berbagai jenis soal bisa kita temui saat menyelesaikan 40 soal yang sudah disiapkan, contohnya, ada matching heading, matching statement, multiple choices, indentifying information, identifying writer`s opinion, labeling program, dan completing summary. Para IELTS taker harus pandai dan berhati-hati supaya tidak melakukan kesilapan saat mengisi jawaban, karena salah spelling dan grammar juga dianggap salah.

Pada reading IELTS Academic, beberapa referensi diambil dari buku-buku,journal,majalah,koran, dan blog tertentu, tapi bahasa dan penulisan artikel soal tetap dibuat untuk semua kalangan, mau orang berpendidikan tinggi atau tidak.

Sedangkan pada IELTS General, bacaannya hanya untuk mengukur kebiasaan harian, ini terletak pada section pertama dan berjumlah 2 atau 3 cerita pendek saja. Pada section kedua, akan ada 2 topik berbeda yang akan menanyakan tentang "JOB". Di section 3, hanya disini satu-satunya text panjang, walaupun begitu, bahasannya cuma hobi dan kesukaan pada umumnya. Jenis text yang digunakan umumnya deskriptif, dan terakhir, buat resource-nya diambil dari buku-buku, majalah, dan online resource juga.

Ketiga adalah writing skill, ini skill yang menantang sekali menurut mimin, kamu tahu kah bahwasanya dalam waktu satu jam, IELTS taker harus menyelesaikan 2 Task sekaligus. pertama adalah Task 1 berisikan perintah untuk menuliskan penjelasan mengenai Line chart, Pie chart, Diagram, Table, Map, dan process dalam waktu 20 menit. Ups, maksud mimin salah diantara itu aja ya. Kedua lanjut ke writing task 2 berisikan perintah untuk menjelaskan mengenai suatu tema seperti banning to smoke in public area, Financing space program dan lain-lain. lamanya waktu yang diberikan adalah 40 menit. Jadi total waktu yang digunakan adalah 60 menit dan tidak ada tambahan waktu untuk merevisi. nah, sekarang kamu sudah tau kan, maka persiapkan diri kalian sebaik mungkin.

Keempat adalah speaking skill. Disni kamu bakal face-to-face dengan examiner selama kurang lebih 14 menit untuk sesi tanya jawab dan diskusi. biar lebih jelas, mimin kasih gambaran nih. Akan ada 3 bagian yang masing-masing bila dipilah akan terlihat seperti ini

part 1: Introduction and interview adalah sesi dimana kamu memperkenalkan diri danmenjawab pertanyaan sederhana dari examiner terkait diri kamu, durasi waktunya sekitar 4 menit. contohsoal yang ditanya adalah What is your name?, What is your hobby dan lain-lain.

part 2: Long turn adalah sesi menjawab soal selama 2 menit yang sudah disapkan oleh examiner buat kamu dalam bentuk cue card. jadi sebelum menjawab, kamu dipersilahkan selama 1 menit buat taking note supaya kamu terarah dan menjawab semua soal.

part 3 : Discussion adalah sesi tanya jawab antara IELTS taker dan examiner lebih mendalam mengenani topik yang sudah dibahas di part 2 sebelumnya selama kurang lebih 4 menit.

Sekarang kamu sudah paham dengan skill-skill yang diuji saat tes IELTS kan ? Mari belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum ikut ke official test!

Baca Juga: 2 jenis IELTS yang harus kamu tau!