3 Makanan Khas Kampung Inggris

0
93
Makanan Khas Kampung Inggris

Kampung Inggris punya 3 makanan khas loh. Mungkin kalian bisa menemukan makanan ini di luar, tapi rasanya gak bakalan sama kayak yang ada di Kampung Inggris Pare. Apa aja itu makanan khas kampung inggris ?

1. Sambal Pecel

Ya, Pare-Kediri terkenal  dengan ikon pecelnya, meski banyak daerah Karesidenan Kediri seperti Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, bahkan Madiun yang sudah tidak termasuk Karisedenan Kediri pun ikut menjadikan pecel sebagai makanan khas yang sering mereka konsumsi.

Kalian akan dengan sangat mudah menemukan makanan ini di sepanjang jalan di Kampung Inggris.

Ya, makanan fenomenal ini terbuat dari kacang tanah yang digoreng kemudian dihaluskan bersama bumbu lainnya seperti bawang putih, cabe merah, daun jeruk dan bumbu lainnya. Setelah dihaluskan, adonan tersebut berubah menjadi pasta yang jika kita ingin memakannya harus melarutkannya terlebih dahulu dengan air matang secukupnya.

Untuk menikmati makanan ini, kalian hanya perlu merogoh kocek Rp.5000 hingga Rp.7000 yang biasa disajikan Bersama kulub yang terdiri dari daun bayam, kangkong, kacang Panjang dan tauge yang sudah direbus dan rempeyek sebagai toppingnya.

2. Sambal Tumpang

Selain sambal pecel, makanan khas lain yang jarang ditemui di banyak daerah adalah Sambal Tumpang. Sambal ini terbuat dari tempe over fermented  yang diolah sedemikian rupa untuk menjadi makanan yang lezat. Orang Kediri memanfaat tempe over fermented menjadi makanan yang enak. Jangan salah paham gaes, meskipun tempe over fermented ternyata saat diteliti  sangat banyak manfaatnya diantaranya adalah:

 a. Sebagai sumber anti oksidan

Tempe over fermented mengandung ekstrak methanol yang menjadi antioksidan lebih tinggi daripada tempe segar.

 b. Meningkatkan nafsu makan

Apabila anak-anak kurang nafsu makan coba bakar tempe over fermented lalu campurkan pada nasi. Dengan mengkonsumsi nasi campur tempe over fermented bakar maka nafsu makan anak akan meningkat.

 c. Menyedapkan masakan

Meski baunya tak begitu enak, namun tempe over fermented bisa dijadikan  bumbu masakan yang sangat enak.

 d. Anti kanker

Ternyata tempe over fermented dapat dijadikan sebagai kecap manis. Kecap manis dengan bahan baku tempe over fermented mengandung isoflavone yang dapat menjadi obat anti kanker mujarab.

 e. Meningkatkan metabolism tubuh

Vitamin B12 dan riboflavin pada tempe over fermented berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh serta menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi, meskipun tempe over fermented tapi memiliki gizi yang baik.

3. Tahu Kediri

Selain makanan-makanan di atas, Kediri adalah kota penghasil tahu, hingga Kediri dijuluki sebagai Kota Tahu. Banyak olahan tahu yang diproduksi oleh Kediri yang bisa dijadikan oleh oleh, seperti: tahu kuning, tahu takwa, tahu krispi, kripik tahu susu dan tahu tahu lainnya. Olahan-olahan tersebut dapat kita jumpai dengan mudah di Kawasan Kediri dengan harga yang tidak menguras kantong dan dipastikan rasanya bikin nagih untuk ke Pare lagi. Entah untuk membelinya lagi atau hanya sekedar mengulas kenangan di Kampung Inggris.

(Ana Mardiana)