kampung inggris pare

Muhammad Iqbal, atau yang akrab di sapa Iqbal merupakan salah satu tutor Global English yang meraih mimpinya untuk melanjutkan studi keluar negeri melalui beasiswa LPDP tahun 2016. Putra kelahiran Kediri ini menghabiskan masa kecilnya di Gresik Provinsi Jawa Timur. Iqbal juga memiliki hobi bertualang, mengunjungi tempat-tempat baru, dan mengamati fenomena alam. Ia mengawali masa pendidikan di  TK Muslimat NU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik pada tahun 1996. Kemudian ia lanjut ke bangku sekolah dasar di SD NU Kanjeng Sepuh Sidayu tahun 1999. Selanjutnya, dia menempuh pendidikan tahun 2005 sampai tahun 2008 di MTs Kanjeng Sepuh Sidayu, dan lanjut ke tingkat Menengah atas di Negeri 1 Gresik pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2011. Setelah lulus SMA, putra berkaca mata yang berusia 23 tahun ini memutuskan untuk menempuh kuliah ke tingkat S1 di Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor. Selama menempuh kuliah  di Universitas Beliau aktif di beberapa organisasi seperti, Forum Silaturahmi Dewan Mushola Asrama TPB IPB, dan Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama IPB.

Ia harus menempuh waktu sembilan bulan untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Memang cukup berat untuk mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari berkas sampai pada persiapan wawancara dan mental. Setelah dinyatakan sebagai seorang sarjana pertanian, ia memutuskan untuk fokus belajar bahasa inggris sebagai salah satu syarat beasiswa di Global English, Kampung Inggris Pare. Untuk mendapatkan nilai IELTS sesuai dengan standar LPDP, ia membutuhkan waktu selama empat bulan dan lima bulan hingga dinyatakan lulus sebagai awardee LPDP dan mendapatkan LoA di Universitas Wegeningen.

Menurutnya, tips utama untuk mendapatkan beasiswa yaitu pastikan kita siap dengan segala persyaratan beasiswa termasuk nilai IELTS atau TOEFL yang sesuai. Selain itu Surat Rekomendasi juga merupakan syarat utama untuk mendapatkan beasiswa. Pastikan orang yang memberi anda rekomendasi memiliki peran penting selama anda menjalani studi di S1 dan mengenal anda secara baik.

Selain itu, pastkan bahwa anda teguh pada pendirian anda untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan tidak sampai terpancing untuk merubah pikiran anda saat sesi wawancara. Perlu adanya linearitas jurusan dan penelitian anda sebelumnya sehingga anda tidak kesulitan saat  menumpuh kuliah ke luar negeri. Lebih dari itu, pastikan bahwa anda merupakan kriteria dari pihak pemberi beasiswa yang dapat dilihat dari manual book yang mereka berikan. Sedangkan, pada sesi LGD (Language Group discussion), menurutnya jangan pernah menjatuhkan teman diskusi anda dan kenali semua teman group yang telah dibagi sebelumnya.

Itulah deskripsi dan motivasi singkat mengenai salah satu sosok yang menginspirasi semoga pengalaman Mr. Iqbal dapat membantu para scholarship hunter dalam meraih mimpi untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Crew yang bertugas : La Ode Abdul Aziz

Comments

comments