Berbahasa Inggris dengan lancar tentu menjadi impian banyak  orang.Terlebihlagi saat kita menghadapi arus globalisasi dimana kita dituntut berbahasa Inggris dengan baik.Bagaimana tidak, akibat expands globalisasi dalam kehidupan sehari-hari, berbagai sector mulai menggunakan bahasa tersebut baik secara  comprehensive atau secara parsial. Misalnya saja, saat kita mendaftar peruasahaan atau perguruan tinggi, salah satu persyaratannya adalahsertifikat TOEFL atau IELTS, atau bahkan sederhananya saat kita menggunakan computer pasti banyak kitajumpa ikosakata dalam bahasa Inggris.

Tak biasa dipungkiri kemana pun kita pergi pasti menemukan bahasatersebut. Tak hanya itu, sejak duduk di bangku SD pun kita telah diperkenalkan dengan Bahasa Inggris  yang termasuk dalam kurikulum hingga SMA.Namun, tidak sedikit orang  yang mengeluh karena sekian lama belajar bahasa itu namun belum juga biasa menguasainya.”Ah, bahasa Inggris susah dikuasai, atau “bahasa itu aneh karena lain tulisan lain pula pengucapan. Sehingga akhirnya bahasa itu terkadang menjadi momok  yang berlebihan bagisebagian orang.Padahal menguasai bahasaI nggrisi itu sebenarnya mudah dan menyenangkan.

Ada beberapahal yang perludi ketahui sebelum memuli belajar bahasa Inggris yaitu :

1.       Apa tujuan anda untuk belajar bahasa Inggris ?

Pertanyaannya ini menjadi batu loncatan pertama yang akan menentukan seberapa jauh proses yang akan kita tekuni kedepannya. Tanpa tujuan yang jelas maka kita hanya menyai-nyiakan waktu dalam prosesnya.Oleh karena itu, catatlah dari sekarang apa output yang anda ingin capai setelah belajar bahasa inggris, itu sangat membantu lho..!.Misal nya saja anda ingin mendapat beasiswa keluar negeri, anda ingin mendapatkan sertifikat IELTS dan lain sebagainya. Ingatlah tujuan anda tersebut jika anda mulai merasa bosan dalam belajar bahasa tersebut.

2.       Belajar bahasa Inggris membutuhkan lingkungan yang kondusif

Nah, tentu saja sebagai skill yang membutuhkan praktek lebih, anda harus mencari kursusan yang bias mendukung usaha anda.Karena di tempat kursus, anda akan menemukan learner lainnya yang bias diajak untuk berdiskusi dan saling memotivasi dalam proses belajar bahasa Inggris. Nah, itu bias meningkatkan kemampuan kita juga.Pililah kursusan yang memiliki metode pembelajaran yang baik.Saat ini cukup banyak tersebar kursusan yang cukup baik dalam membantu learner bias menguasai Bahasa Inggris.Salah satu tempat di Indonesia yang cukup terkenal untuk belajar bahasa Inggris yakni Kampung Inggris di Pare Kediri JawaTimur.

3.       Niat dan usaha yang kuat serta Extra sabar

Sesuatu yang dilandasi niat yang kuar serta dibarengi dengan usaha yang lebih maka hasilnya pun akan memuaskan. Belajar bahasa Inggris pun harus dilandasi dengan niat dan usaha yang keras, karena terkadang ditenga-tengah proses akan ada banyak tantangan yang dihadapi, misalnyasaja kejenuhan dan lain sebagainya. Tak hanya tempat yang kondusif yang menjadi faktor pendukung namun juga factor internal dari learner itu sendiri. Sejauh mana kita tekun dalam proses belajarnya. Oleh sebab itu, sabar dan keuletan adalah kuncinya.Ingatlah tujuan awal anda saat memulai belajar bahasa ini.

Tiga hal di atas adalah poin penting yang harus dipertahankan selama proses belajar bahasaitu. Nah selanjutnya, dalam pembelajaran bahasa Inggris kita mengenal beberapa item basic diantaranya Speaking, Pronunciation, Grammar, Vocabulary.Masing-masing item tersebut memiliki tantangan tersendiri.Jangan khawatir selama  ada kemauan untuk belajar, pasti Bisa! Berikut adalah tips untuk mudah belajar tiap-tiap item di atas.

1.       Speaking

Bagian ini perlu mendapat perhatian lebih, karena proses belajar bahasa Inggris 60 persen adalah Speaking. Sejauh mana pengaplikasian item lainnya dalam speaking membutuhkan praktis tiap saat agar bias berbahasadengan lancar.

Tips :Kelas speaking, anda dituntut harus aktif berbicara karena akan melatih Fluency anda. Nah, untuk pemula walaupun masih terbata-bata namun terus mencoba untuk ngomong, cari tema-tema speaking yang mudah, misalnya Introduction, In Bath room, In the class. Ulangi hingga anda merasa benar-benar menguasai tematersebut.

Untuk memper mudah, make conversation dengan learner lainnya.Itu akan jauh lebih mudah. Untuk melatih speaking anda, anda bias membuat dan menghafal cerita pendek dalam bahasa Ingggris lalu silahkan andamengulang-ulang cerita tersebut hingga lancar tanpa teks.Inti dari semua itu adalah berani explore diri untuk berbahasa Inggris.

2.       Grammar

 

Nah, bagian bahasa Inggris ini katanya dijauhi bagi kebanyakan orang karena terbilang rumit.Gimana tidak, anda pasti menemukan rumus-rumus yang harus dikuasai.Perlu diketahui, tiap bagian bahasa Inggris saling berkaitan satu sama lain. Grammar adalah basic dari bahasaitu, anda mengetahui struktur bahasa yang baik dan benar dengan grammar dan itu bias diaplikasikan dalam speaking anda.

Tips :latihan mengaplikasikan grammar kedalam tulisan terlebih dahulu, buatlah kalimat menggunakan tatabahasa yang benar. Lakukan berulang-ulang sambil ada mengaplikasikannya secara oral. Jika anda tekun melatih mengerjakan exercise grammar dan mencoba mengaplikasikannya kedalam speaking, anda akan mendapat idiri anda bias berbicara dengan grammar yang baik.

3.       Vocabulary & Pronunciation

Permasalahan yang kerap dikeluhkan para learner adalah kurangnya vocabulary.Sebab, jika tidak menguasai vocabulary yang banyak maka anda akan mengalami stag saatberbicara. Tak hanya itu, masing-masing vocabulary memiliki cara membaca sesuai Pronunciation nya.

Tips :untukmemperkaya vocabulary anda, silahkan anda membeli buku vocab dan dictionary yang tersedia di took buku. Anda bias melakukan metode : memorizing vocab tiap harinya, tak cukuphanya memorizing, anda harus mengaplikasikannya langsung dalam speaking.

Sediakan buku vocabulary, yang tiap hari anda harus isi, dimanapun dan kapanpun anda membawa small note tersebut, jika menemukan vocabulary baru pastikan anda menulisnya di buku anda, agar malam harinya anda bisa brush up vocabulary yang didapatkan tiapharinya.

Nah, untuk pronunciation nya, anda membuka kamus Oxford atau Longman yang berisi vocab beserta IPA nya.

Selanjutnya, anda merekam suara anda saat menyebutkan vocabulary beserta cara baca yang baik tiap vocabulary di handphone. Jadi anda bias mendengarkan tiap saat, berolahraga, hendak tidur, atau sedang bersantai.Ini sangat membantu.

Ingatlah sesuatu yang dilakukan dengan tekun makahasilnya pun akan luarbiasa.

 kokokampunginggris,bahasainggris,carabelajarbahasainggris,tips,globalenglish

Comments

comments