10 Kota Pelajar Terbaik Di Dunia-Dari beberapa kota dari belahan dunia ini, banyak sekali yang menyajikan nuansa keindahan alam maupun sisi yang menonjol dari kota tersebut. Banyak sekali kota-kota indah maupun kota-kota yang selalu ramai dikunjungi wisatawan asing maupun lokal walau hanya sekedar menghabiskan masa liburan maupun hanya sekedar berbelanja.
Manakah kota terbaik untuk menuntut ilmu bagi pelajar?. Anda dapat melihat peringkat terkini yang disusun oleh QS dan temukan di mana seharusnya anda menuntut ilmu jika anda menginginkan universitas berkualitas, dengan komunitas pelajar internasional dan biaya hidup terjangkau. Jika di Indonesia sendiri jajaran kota terbaik berada di Kota Yogyakarta, Bandung, DKI Jakarta dan Surabaya. Dan berikut 10 Daftar Kota Pelajar Terbaik Di Dunia :

zurich
1. Paris, France
Meski tak memiliki perguruan tinggi yang bertengger di 30 besar terbaik dunia seperti Boston dan London, Paris tetap menjadi rujukan sekolah dunia. Ada 16 perguruan tingginya masuk dalam 500 terbaik dunia, kemudian kenyamanan hidup serta aktivitas akademik menjadi nilai tinggi dan catat, keterjangkauan pendidikannya lebih baik daripada Boston dan London.Daya tarik utama Paris tentu saja posisinya sebagai salah satu tempat paling bersejarah di dunia, kota budaya dan indah. Inilah kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.Perguruan-perguruan tingginya seperti ENS Paris, Ecole Polytechnique, Sciences Po and the Sorbonne telah menghasilkan banyak filsuf, ilmuwan dan tokoh dalam 100 tahun terakhir ini. Belum lagi barisan seniman yang dihasilkannya. Mahasiswa mendapatkan kenikmatan mendapatkan pendidikan termaju, dengan ukuran kelas kecil dan biaya pendidikan yang rendah.

2. London
Mungkin hanya Boston yang bisa menyaingi kehebatan London. Ini rumah bagi belasan perguruan tinggi yang masuk 500 terbaik dunia di mana dua di antaranya masuk sepuluh besar yaitu Imperial College London dan UCL (University College London). Juga perlu disebut London School of Economics and Political Science (LSE), lima terbaik dunia untuk ilmu sosial.Kota ini memiliki fasilitas kelas dunia seperti Perpustakaan Inggris yang membuat kota ini menjadi magnet dunia. London juga memberikan khasanah pusat kebudayaan, kreativitas, kehidupan malam dan kebhinnekaan. Maklum, sepertiga mahasiswanya adalah mahasiswa internasional. Problem London tentu saja biaya hidup yang terus merangkak naik. Mungkin inilah penyeimbang dari kualitas pendidikan di kota ini.
3. Singapura
Meski University of Hong Kong bertengger di posisi 23 universitas terbaik dunia, namun untuk kategori kota, Singapura lebih baik. Singapura merupakan satu-satunya kota di Asia yang masuk jajaran 12 kota pendidikan terbaik dunia. Universitas terbaik dari negara-kota ini adalah National University of Singapore (25) dan Nanyang Technological University yang juga masuk jajaran 100 terbaik dunia.
Menurut Wikipedia, Singapura merupakan negeri lima besar terbaik dalam hal pengetahuan alam dan matematika. Sementara QS menilai, Singapura memiliki nilai sempurna (100) untuk aktivitas pengajar, kemudian kualitas hidup juga baik (92). Secara keseluruhan, Singapura memiliki nilai 369.

4. Sydney, Australia
Melbourne mungkin bisa mengklaim sebagai ibukota budaya Australia namun Sydney merupakan ibukota keuangan dan ekonomi negeri kanguru ini. Dengan pemandangan Pelabuhan Sydney yang menawan, taman-taman eksotik, Sydney merupakan salah satu kota paling eksotik bagi pelajar di seluruh dunia.Kota ini memiliki dua universitas yang bertengger di 100 terbaik dunia, University of Sydney dan University of New South Wales. Kota ini memiliki konsentrasi pelajar asing yang tinggi. Kualitas hidup yang tinggi adalah penyeimbang bagi biaya hidup dan pendidikan yang tinggi di kota ini. QS mencatat, keterjangkauan perguruan tinggi di sini termasuk sulit.

5. Zurich, Swiss
Di kota ini terdapat Swiss Federal Institute of Technology (13), perguruan tinggi terbaik dunia di luar Amerika Serikat dan Inggris. Zurich sendiri terkenal karena kemakmuran, ketertiban dan pajaknya rendah sehingga terkesan lebih cocok untuk tempat tinggal jutawan, bukan pelajar.Keunggulan Zurich ini adalah kualitas hidupnya yang nyaris sempurna untuk mahasiswa (99) dan juga aktivitas pengajar yang tinggi. Mungkin ini penyimbang untuk biaya hidup yang besar di sini.

6. Melbourne, Australia
Sepertiga mahasiswa yang berkuliah di Melbourne adalah warga asing. Melbourne jelas menjadi ikon utama dari industri pendidikan Australia, menjadi pusat tujuan mahasiswa dari seluruh dunia. Inilah kota pendidikan nomor satu Australia.Ada enam perguruan tinggi di Melbourne masuk dalam 500 universitas terbaik dunia. Dengan penduduk hanya 4 juta jiwa, mahasiswa mencapai 180 ribu orang, inilah salah satu kota paling nyaman di dunia.

7. Hong Kong
Hong Kong mempunyai posisi tinggi dalam ranking universitas-universitas terbaik di dunia. Kota ini telah lama dianggap sebagai titik pertemuan Timur dan Barat sehingga lingkungannya benar-benar terasa global. HKU, HKUST dan Universitas Cina Hong Kong berada dalam peringkat top 40 dunia karena keunggulan pendidikan tingginya. Hong Kong juga memiliki populasi mahasiswa yang paling beragam di dunia, sehingga orang-orang yang memilih untuk belajar di luar negeri di sini akan mudah beradaptasi.

Biaya pendidikan bagi mahasiswa internasional di Hong Kong jauh lebih rendah daripada di Amerika Serikat tetapi lebih tinggi daripada di Perancis atau Jerman. Bagi mahasiswa asing yang benar-benar ingin mengalami kehidupan kota dinamis, Hong Kong salah satu tujuan studi yang paling tepat.

8. Boston
Inilah rumah bagi perguruan tinggi terbaik dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT) (no 1) dan Harvard University (no 3). Kota ini merupakan perpaduan dari percampuran mahasiswa, kualitas hidup, dan aktivitas pengajar yang tinggi. Kota ini juga memberikan khasanah budaya, seni dan politik dengan banyaknya ruang terbuka hijau.Problem dengan kota ini hanyalah biaya pendidikan dan sulitnya mengakses perguruan-perguruan tinggi mereka, meski sebenarnya banyak bantuan keuangan untuk pelajar di sini.

9. Montreal, Kanada
Kota ini memiliki kualitas hidup yang tinggi (93). Ada tiga perguruan tinggi kenamaan berumah di sini, salah satunya McGill University (nomor 17 dunia). Kota ini kerap disebut ibukota budaya Kanada dan termasuk kota paling nyaman sedunia. Campuran kebudayaan Inggris dan Prancis membuat kota ini dinobatkan UNESCO sebagai satu dari tiga ibukota dunia. Dan meski kualitas hidup tinggi, di jajaran 10 besar, dia yang paling murah untuk biaya hidup.

10. Munich, Jerman
Munich adalah kota terbesar ke-3 di Jerman dan digolongkan sebagai kota yang paling diinginkan sebagai tempat hidup. Bagi banyak orang di luar Jerman, Munich dikenal sebagai kota bir dunia karena menjadi tuan rumah untuk festival bir terbesar di dunia yang disebut dengan Oktoberfest. Universitas dengan peringkat tertinggi kota ini adalah Technische Universität München dan Ludwig-Maximilians-Universität München yang menempati posisi ke-53 dan ke-65 pada QS World Universitas Rankings.Seperti semua perguruan tinggi di Jerman, biaya kuliah di Munich sangat rendah untuk mahasiswa domestik dan internasional. Meskipun biaya hidup di Munich cenderung lebih tinggi daripada di Berlin, kota ini masih menjadi salah satu kota pelajar yang paling terjangkau di Eropa.

Comments

comments